Viral Anak Driver Taksi Online Bisa Kuliah di AS, Sri Mulyani Ungkap Sosoknya

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Kamis, 20 Jan 2022 17:47 WIB
Sri Mulyani: Pertamina Punya Tanggung Jawab Besar Jadi Pilar Zero Emissions
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

Menteri Keuangan Sri Mulyani membagikan kisah inspiratif mahasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Kisah tersebut menceritakan Ilham Nugraha, seorang mahasiswa LPDP yang saat ini menimba ilmu Kebijakan Publik di Cornell University di Amerika Serikat.

Kisah Ilham sempat ramai diperbincangkan di media sosial. Menurut Sri Mulyani, kisah Ilham bisa dijadikan sebagai bukti nyata dari keadaan ekonomi pas-pasan namun bisa mewujudkan cita-cita tinggi. Ilham sendiri cuma anak seorang pengemudi taksi online, namun kini dia berhasil menimba ilmu sampai Amerika.

"Keadaan ekonomi yang serba pas-pasan bukanlah halangan untuk meraih pendidikan yang dicita-citakan! Ilham Nugraha adalah testimoni nyata. Putra seorang pengemudi taksi daring ini merupakan mahasiswa Public Policy @cornelluniversity di Amerika. Ilham memperoleh beasiswa dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan ( @lpdp_ri )," tulis Sri Mulyani dalam unggahan Instagramnya @smindrawati dikutip detikcom, Kamis (20/1/2022).

Sri Mulyani mengatakan negara memang mengalokasikan dana khusus untuk pendidikan. Totalnya ada Rp 99,11 triliun dana abadi sudah diakumulasikan serta dikelola oleh LPDP dan mencakup Dana Abadi untuk Pendidikan, Penelitian, Kebudayaan, dan Perguruan Tinggi.

"Selain itu, LPDP sudah membantu 29.872 generasi penerus bangsa merajut mimpi-mimpinya melalui beasiswa pendidikan yang diberikan," ungkap Sri Mulyani.

Dia berharap melalui LPDP dapat terus membantu anak muda Indonesia menggapai cita-cita pendidikannya. Sri Mulyani menegaskan pendidikan adalah hak segala bangsa.

[Gambas:Instagram]



"Saya berharap, melalui LPDP #UangKita dapat terus membantu anak muda Indonesia menggapai seluruh cita-citanya. Karena pendidikan adalah hak segala bangsa," ujar Sri Mulyani.

Sebelumnya, kisah Ilham sempat ramai diperbincangkan warganet di media sosial. Pasalnya, salah seorang warganet secara tidak sengaja menjadi penumpang dari taksi online yang dikemudikan oleh ayah Ilham.

Cerita lengkapnya, baca di halaman berikutnya



Simak Video "Respons Sri Mulyani Saat AS Dkk Walk Out di Tengah Pertemuan G20"
[Gambas:Video 20detik]