ADVERTISEMENT

Sampah Botol Plastik Bisa Ditukar Jadi Uang Elektronik, Ini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 22 Jan 2022 17:00 WIB
Sampah Botol Plastik Bisa Ditukar Jadi Uang Elektronik, Ini Caranya
Foto: Dok. Danone-AQUA
Jakarta -

Sampah botol plastik bisa ditukar menjadi uang elektronik berupa reward. Masyarakat bisa menukarkan sampah botol plastik melalui AQUA Reverse Vending Machine (RVM).

RVM yang diinisiasi oleh Danon-AQUA bersama Alfamart pertama akan ditempatkan di lima gerai Alfamart Jakarta dan Tangerang. VP General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan ini mendukung langkah pemerintah mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan sebesar 70% di 2025.

"Mengacu pada hasil riset yang dilakukan oleh Sustainable Waste Indonesia (SWI) daur ulang sampah plastik di Indonesia masih tergolong kecil yaitu di bawah angka 10%, untuk itu diperlukan upaya inovatif untuk meningkatkan laju pengumpulan dan daur ulang kemasan plastik bekas," katanya, Sabtu (22/1/2022).

Corporate Affairs Director Alfamart, Solihin mengapresiasi kerja sama dengan Danone-AQUA karena ikut berkontribusi memberikan solusi bagi pengelolaan sampah plastik di Indonesia. Komitmen Alfamart Sahabat Bumi ditunjukkan dengan kerjasama untuk menginisiasi alternatif baru bagi masyarakat untuk ikut bijak mengelola kemasan botol plastik paska konsumsi.

"Kami melihat jaringan kami yang berjumlah lebih dari 16.000 gerai dan tersebar di seluruh Indonesia merupakan kekuatan luar biasa yang dapat dimanfaatkan untuk mengedukasi masyarakat sekaligus memberi kemudahan bagi mereka untuk dapat berperan aktif mendukung pengelolaan sampah plastik yang menjadi salah satu prioritas pemerintah saat ini. Kami sangat bangga Alfamart dan Danone-AQUA sebagai pelopor daur ulang kemasan botol plastik paska konsumsi berkomitmen dalam peluncuran reverse vending machine ini," katanya.

Cara Tukar Botol Plastik

Melalui reverse vending machine, masyarakat diajak mengumpulkan sampah botol plastik melalui empat langkah mudah. Pertama, mengunduh aplikasi PlasticPay pada smartphone dan melakukan registrasi.

Kemudian membawa kemasan botol plastik PET paska konsumsi ke lokasi AQUA RVM terdekat. Memindai barcode pada botol plastik PET paska konsumsi, sebelum memasukkannya ke dalam mesin RVM.

Terakhir, konsumen cukup memindai QRCODE yang muncul pada mesin menggunakan aplikasi PlasticPay, diakhiri dengan mengklik AmbilPoin pada aplikasi PlasticPay.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT