Sampah Botol Plastik Bisa Ditukar Jadi Uang Elektronik, Ini Caranya

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Sabtu, 22 Jan 2022 17:00 WIB
Sampah Botol Plastik Bisa Ditukar Jadi Uang Elektronik, Ini Caranya
Foto: Dok. Danone-AQUA

CEO PlasticPay, Suhendra Setiadi mengatakan melalui kerja sama dengan Danone-AQUA dan Alfamart, PlasticPay optimistis dapat menjangkau masyarakat Indonesia yang lebih luas sehingga menjadikan reverse vending machine yang merupakan 100% karya anak bangsa ini dapat berkontribusi secara maksimal dalam pengelolaan sampah plastik di Indonesia secara berkelanjutan.

"Prosesnya, seluruh kemasan botol plastik paska konsumsi yang terkumpul dalam AQUA RVM akan diambil oleh mitra pengumpul sampah plastik Danone-AQUA dan langsung dibawa ke RBU (Recycle Business Unit) binaan Danone-AQUA yang berada di enam lokasi, termasuk di Jakarta dan Tangerang Selatan," tuturnya.

Kemasan botol plastik bekas pakai yang terkumpul kemudian diolah menjadi plastik PET daur ulang yang digunakan kembali sebagai bahan baku di seluruh kemasan botol AQUA.

Untuk kemasan botol plastik PET bekas pakai dengan merek Danone-AQUA diberikan reward 100 poin per botol, sementara untuk botol PET bekas merk lain mendapat reward 50 poin per botolnya. Poin-poin yang diperoleh dari setiap pengumpulan sampah botol plastik dapat ditukarkan dengan Gopay, Dana, LinkAja, OVO, Shopeepay, dan juga sedang diproses untuk bisa ditukarkan dengan Alfagift Points.

Dengan mekanisme ini, AQUA RVM diharapkan dapat menjadi salah satu solusi untuk mendorong masyarakat untuk mengumpulkan kemasan botol plastik bekas pakai, sehingga mengurangi sampah plastik yang tidak terkumpul dan terkelola dengan benar.


(kil/ara)