Erick Thohir Ungkap Transaksi di Wisata Lokal Bisa Tembus Rp 1.400 T

Siti Fatimah - detikFinance
Sabtu, 22 Jan 2022 22:38 WIB
Erick Thohir
Foto: Siti Fatimah: Menteri BUMN Erick Thohir di Sukabumi
Sukabumi -

Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Sukabumi pada Sabtu (22/1/2022). Di sela kunjungannya, Erick Thohir bicara seputar sektor pariwisata.

Menurutnya, berdasarkan data sebelum COVID-19, dari 100 persen wisata yang ada di Indonesia, 70 persen di antaranya merupakan wisata lokal. Total transaksinya pun tak main-main mencapai Rp 1.400 triliun.

Awalnya, Erick mengatakan, selama ini publik sering terjebak dengan wisata asing.

"Hanya 28 persen wisata asing dan nilai ekonomi wisata lokal itu sampai Rp 1.400 triliun. Jadi artinya apa, kita harus kembali refocus, nyiapin yang namanya wisata lokal," kata Erick Thohir saat ditemui di Warung Sate H. Mamat, Jalan Ahmad Yani, Kota Sukabumi, Sabtu (22/1/2022).

Dia mengatakan, BUMN tengah melakukan persiapan untuk membangun tempat wisata-wisata lokal. Beberapa tempat yang ia sebutkan yaitu Bali dan Toba.

"Karena itu kami BUMN menyiapkan juga sekarang terus membangun tempat-tempat tujuan wisata. Kita sedang membangun wisata di Bali, di Toba dan banyak hal lain," ujarnya.

Tujuan tersebut, kata dia, bisa terwujud dengan kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah dan para kreator-kreator lokal. "Tentu ini menjadi bagian bagaimana kita berkolaborasi dengan para kreator lokal dan pemerintah daerah," pungkasnya.


Erick thohir makan sate di warung yang pernah disambangi Jokowi. Klik halaman berikutnya