Biskita TransPakuan Wira-wiri Bogor Lagi Mulai Besok, Gratis!

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 11:15 WIB
BisKita di Bogor
Foto: M. Sholihin
Jakarta -

Biskita TransPakuan di Kota Bogor kembali beroperasi besok (24/1). Kepastian tersebut diperoleh dari Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek (BPTJ) Kementerian Perhubungan setelah evaluasi selesai dilakukan sehingga program subsidi dengan skema Buy The Service (BTS) dapat kembali digulirkan.

Sebelumnya sejak awal Januari 2022 operasional Biskita TransPakuan di Kota Bogor dihentikan sementara untuk dilakukan evaluasi. Keputusan tersebut dilakukan demi keberlangsungan kembali yang lebih baik.

"Selama penghentian sementara layanan Biskita TransPakuan, BPTJ terus berupaya mempercepat proses evaluasi supaya dapat segera kembali beroperasi untuk melayani masyarakat," kata Humas BPTJ Budi Rahardjo dalam keterangan tertulis, Minggu (23/1/2022).

Proses evaluasi awalnya diperkirakan butuh waktu kurang lebih satu bulan, namun ternyata prosesnya dapat berjalan lebih cepat. Semangat mempercepat evaluasi disebut karena tingginya antusiasme masyarakat Kota Bogor dalam memanfaatkan layanan angkutan umum massal gratis tersebut.

"Layanan ini melalui skema BTS untuk yang pertama kalinya di Bodetabek. Skema BTS merupakan mekanisme subsidi yang relatif baru sehingga dalam pelaksanaannya masih membutuhkan berbagai penyempurnaan," tuturnya.

Kota Bogor terpilih sebagai pilot project BTS di Bodetabek, di mana soft launching layanan ini telah dilakukan sejak 2 November 2021 lalu.
Secara keseluruhan terdapat 4 koridor layanan Biskita TransPakuan dengan jumlah armada bus sebanyak 49 unit.

Data evaluasi menunjukkan pada 2021 layanan Biskita TransPakuan sangat diminati masyarakat Bogor. Hal ini ditandai dengan tingginya load factor pada setiap koridor layanan tersebut.

Koridor Stasiun Bogor-Terminal Ciparigi yang diluncurkan pertama kali secara keseluruhan telah melayani penumpang sebanyak 163.594 orang. Pada koridor ini load factor mencapai angka 69%.

Sementara koridor dengan rute Parung Banteng-Air Mancur tercatat melayani penumpang sebanyak 81.978 orang dengan load factor sekitar 52%. Untuk koridor Terminal Bubulak-Cidangiang, secara keseluruhan telah dimanfaatkan sebanyak 33.433 penumpang dengan load factor sebesar 65%.

Total penumpang pada koridor dengan rute terpanjang yakni dari Terminal Bubulak hingga Ciawi, jumlah penumpangnya mencapai 55.799 orang. Untuk koridor ini memiliki load factor tertinggi di antara semua koridor, yaitu sebesar 119%.

Secara keseluruhan jumlah penumpang Biskita TransPakuan sejak 2 November hingga 31 Desember 2021 di 4 koridor telah melayani 334.804 penumpang dengan load factor mencapai rata-rata 68%.



Simak Video "Jalan Rusak Tak Kunjung Diperbaiki, Warga Bogor Mancing-Nyebur di Kubangan "
[Gambas:Video 20detik]
(aid/zlf)