Viral! Beli Minyak Goreng Rp 14.000 Pakai Syarat Belanja Rp 50 Ribu

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Minggu, 23 Jan 2022 13:45 WIB
Jenis minyak goreng yang berbahaya
Foto: iStock
Jakarta -

Media sosial dihebohkan oleh video pusat perbelanjaan yang menjual minyak goreng Rp 14.000 per liter dengan syarat. Dalam video yang beredar, untuk mendapat minyak goreng, konsumen mesti berbelanja dulu sebanyak Rp 50.000.

Seperti dilihat detikcom, Minggu (23/1/2022), seorang yang diduga konsumen bertanya kepada seorang kasir dengan kemeja dominan warna merah muda. Dia bertanya, apakah untuk mendapatkan minyak goreng seharga Rp 14.000 mesti belanja Rp 50.000.

"Beli dua minyak, harus belanja Rp 50 ribu dulu kalau dapet yang Rp 14.000, harus ada member, kalau member gratis lah ya? Ini belanjanya harus minimal?" tanya konsumen.

"Disertai pembelanjaan Rp 50 ribu," timpal kasir.

Pada video tersebut, konsumen menyebut jika hal itu terjadi di Lottemart Cibitung. Padahal, kata dia, menurut Presiden dan Menteri Perdagangan tidak harus belanja Rp 50 ribu lebih dulu.

"Ya Ibu-ibu, Bapak-bapak, nih Presiden tolong ya ini di Lottemart Cibitung. Kalau menurut Pak Presiden dan Menteri Perdagangan kan nggak harus belanja Rp 50 ribu dulu, di Lottemart Cibitung harus belanja dulu nih," katanya.

Viralnya video tersebut dibenarkan Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan (Kemendag) Oke Nurwan. Dia mengatakan, hal itu terjadi beberapa hari lalu.

"Ini kan bukan viral kali ini, viralnya kemarin dua hari yang lalu, dua hari atau tiga hari yang lalu," katanya saat dikonfirmasi detikcom.



Simak Video "Tim Gabungan Polri-Kemenperin Sidak Pabrik Minyak Goreng di Semarang"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/zlf)