ADVERTISEMENT

Jokowi Temui PM Singapura di Bintan Hari Ini, Begini Situasinya

Trio Hamdani - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 10:02 WIB
jokowi bintan pm singapura
Foto: Trio Hamdani/detikcom
Bintan -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini bertemu Perdana Menteri (PM) Singapura Lee Hsien Loong. Pertemuan itu untuk menandatangani kesepakatan mengenai penyesuaian flight information region (FIR) atau pengelolaan wilayah udara.

Pertemuan kedua Kepala Negara itu digelar di The Sanchaya Bintan, Kabupaten Bintan Kepulauan Riau, Selasa (25/1/2022).

Pantauan detikcom di lokasi pada pukul 9.00 WIB, protokoler Istana yang mengenakan setelan batik sudah sibuk mengamankan lokasi.

Tamu yang akan masuk ke lokasi diperiksa secara ketat dan harus melewati alat pendeteksi logam (metal detector). Namun hanya tamu yang berkepentingan yang dipersilahkan masuk ke area hotel tempat digelarnya acara.

Wartawan disediakan ruangan khusus yang di dalamnya terdapat layar monitor dan alat pengeras suara. Jalannya pertemuan Jokowi dan Lee akan ditayangkan di layar monitor.

Terlihat dalam layar monitor sebuah meja panjang yang terjejer 7 buah kursi masing-masing di sisi kiri dan kanan. Ruangan masih dipersiapkan untuk menyambut kedua Kepala Negara beserta pendampingnya.

Pada 2019, Jokowi juga bertemu dengan Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong menjadi babak baru pembahasan flight information region (FIR) atau pengelolaan wilayah udara yang selama ini berpolemik. FIR sendiri merupakan isu kedaulatan udara yang sudah lama dibahas.

Sebagaimana diketahui, dalam pertemuan itu, Jokowi mengatakan, RI menerima kerangka kerja untuk negosiasi FIR yang disepakati kedua negara.

jokowi bintan pm singapuraLokasi pertemuan Presiden Jokowi dan PM Singapura Foto: Trio Hamdani/detikcom

"Indonesia menghormati posisi Singapura yang memahami keinginan Indonesia untuk mengawasi wilayah udara kami sendiri," kata Jokowi dalam pernyataan bersama di The Istana, Singapura, Selasa (8/10/2019).

Tim Teknis Indonesia, jelas Jokowi, telah memulai negosiasi mengenai FIR. "Kami mendorong negosiasi secara cepat untuk mencapai hasil yang konkret," ujarnya.

Lanjut ke halaman berikutnya



Simak Video "Outfit Lokal Ala 'Rider' Jokowi"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT