Erick Thohir Minta Telkom Cs Lirik Metaverse-NFT

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Selasa, 25 Jan 2022 12:27 WIB
Menteri BUMN RI Erick Thohir telah mengukuhkan pengurus baru Forum Humas (FH) BUMN Periode 2021-2023.
Foto: Dok. BRI
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir menaruh perhatian pada perkembangan ekonomi digital. Pihaknya mendorong PT Telkom Indonesia Tbk atau Telkom dan anak usahanya PT Telekomunisasi Seluler (Telkomsel) untuk mengikuti perkembangan terkini.

Erick mengatakan, akan mendorong Telkom untuk fokus dalam pengembangan infrastruktur digital.

"Telkom kita dorong B to B salah satu tadi yang disampaikan bagaimana pembangunan tower, kedua fokus kepada data center i-Cloud dan lain-lainnya," katanya dalam rapat kerja dengan Komisi VI, Selasa (25/1/2022).

Kemudian, Telkomsel akan didorong fokus kepada konsumen sebagai jembatan dengan metaverse, game finance (GameFi) dan lain sebagainya.

"Untuk Telkomsel sendiri lebih kenapa B to C yaitu tadi menyambung yang namanya metaverse, GameFI dan lain-lain itu yang para kreator ini. Itulah kenapa Telkomsel lebih kepada B to C, customer karena kita harus menyeimbangi pertumbuhan daripada tadi kreator-kreator yang sekarang ada di anak muda Indonesia tapi jenis hasilnya berbeda lagi," terangnya.

Erick pun menjelaskan, persaingan ekonomi digital semakin hari semakin keras. Dia bilang, ekonomi digital terbukti telah mendesentralisasi daripada sendi-sendi keuangan secara masif. Menurutnya, hal ini menjadi tantangan karena mengancam dari sisi mata uang.

"Untuk sebuah negara akhirnya ancamannya adalah di mana mata uangnya, atau keuangannya sudah tidak dipegang oleh negara tapi dipegang oleh pihak-pihak lain yang bisa lebih besar dari negara. Nah ini yang perlu diantisipasi," ujarnya.

Di sisi lain, ekonomi digital menjadi penolong bagi para kreator untuk menjual karyanya. Salah satunya, melalui non fungible token (NFT).

"Kalau dulu ibarat para pelukis Indonesia menjual lukisan satu dan yang lainnya, ketika pembelian pertama ya pelukis itu mendapatkan, tapi penjualan kedua, ketiga dan keempat para pelukis tidak mendapatkan apa-apa. Di sinilah fungsi NFT sebagai bagian daripada desentralisasi finance ketika para kreator atau para pencipta ini terus mendapatkan hasil karyanya," jelasnya.

Simak juga video 'Ini Loh Caranya NFT Laku Seperti Ghozali Everyday':

[Gambas:Video 20detik]



(acd/eds)