Wow! Pria Ini Mendadak Tajir karena Koin Emas Langka Terjual Rp 12,5 M

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 26 Jan 2022 16:27 WIB
koin emas
Ilustrasi/Foto: shutterstock
Jakarta -

Pria asal Inggris, Michael Leigh-Mallory mendadak jadi miliarder setelah secara kebetulan menemukan sekeping koin emas Raja Henry III.

Pada awalnya, Leigh-Mallory beserta kedua anaknya tidak sengaja menemukan koin emas Raja Henry III berdiameter 0,8 inci, terkubur sekitar empat inci di bawah tanah pertanian di Hemyock, Devon pada September 2021 lalu.

Mengutip Mirror, Rabu (26/1/2022), koin emas tersebut berhasil terjual di sebuah tempat lelang seharga 648.000 poundsterling atau Rp 12,5 miliar (kurs Rp 19.300).

Harga lelang telah menjadikan koin itu sebagai koin tunggal paling berharga yang ditemukan di Inggris dan koin Inggris abad pertengahan termahal yang dijual di lelang.

Setelah mendapatkan uang hasil pelelangan tersebut, Leigh-Mallory akan membagi uang tersebut 50/50 dengan pemilik tanah di mana koin emas tersebut ditemukan. Dengan demikian keduanya akan membawa pulang sekitar 324.000 poundsterling atau Rp 6,25 miliar.

Saat kunjungan ke London untuk lelang koin emas, Michael Leigh-Mallory menyempatkan diri mengunjungi makam Raja Henry III di Westminster Abbey untuk mengucapkan terima kasih.

"Saya hanya seorang pria biasa yang tinggal di Devon bersama keluarganya jadi ini benar-benar mengubah hidup. Sejumlah uang yang akan digunakan untuk masa depan mereka," kata Michael Leigh-Mallory dikutip dari Mirror, Rabu (26/1/2022).

"Tapi itu tidak semua tentang uang ... itu suatu kehormatan untuk terhubung dengan penemuan ini dan saya akan mengingat hari ini selama sisa hidup saya," jelasnya lagi.

Uang tersebut akan digunakan oleh Leigh-Mallory untuk mendanai pendidikan putrinya Emily (13) yang telah bergabung dengan komunitas masyarakat arkeologi lokal, dan putranya Harry (10).

Lihat juga video 'Kisah 4 Desa di RI yang Warganya Mendadak Jadi Miliarder':

[Gambas:Video 20detik]



(ara/ara)