ADVERTISEMENT

Distributor United Bike Group Targetkan Penjualan Naik 50% di 2022

Angga Laraspati - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 20:18 WIB
Sepeda United
Foto: detikcom/Angga Laraspati
Tangerang Selatan -

Distributor United Bike Group, PT Sepeda Bersama Indonesia (SBI) optimistis penjualan di tahun 2022 akan meningkat dari 2021. Distributor yang juga menjual merek sepeda Avand dan Genio Bike ini menargetkan pertumbuhan hingga 50%.

Direktur Utama SBI Andrew Mulyadi mengakui tren bersepeda di 2021 agak sedikit menurun seiring mulai normalnya aktivitas masyarakat di masa pandemi. Meski begitu, Andrew mengaku penjualan dari SBI tetap meningkat.

Ia pun optimistis SBI mampu mencatatkan penjualan yang lebih baik di tahun 2022. Pengembangan area pemasaran menjadi kunci dari SBI untuk meningkatkan penjualan di tahun ini. Dengan strategi tersebut, Andrew optimistis mampu memenangkan persaingan pasar sepeda di Indonesia.

"Sebab, kita sudah akan menambah distribusi center di setiap daerah yang strategis. Kami juga memiliki customer yang tersebar di seluruh Indonesia. Kita juga akan melakukan pendekatan sehingga mereka mau membeli produk-produk kita," ujar Andrew saat konferensi pers di Tangerang Selatan, Kamis (27/1/2022).

Melalui beberapa merk yang didistribusikan SBI, distributor United Bike Group ini percaya kinerja perusahaan akan lebih maksimal. Belum lagi dukungan dari berbagai toko sepeda SBI dan juga keinginan SBI menjadi distributor tunggal.

SBI juga dikabarkan akan mulai mengembangkan sepeda listrik yang kini tengah digarap oleh tim research and development. SBI memang memproduksi satu merk sepeda yaitu Genio Bike. Adapun tipe-tipe sepeda yang dimiliki Genio Bike antara lain sepeda lipat, sepeda balap, sepeda gunung, dan berbagai macam sepeda lainnya.

SBI juga dikabarkan akan merambah ke pasar mainan untuk meningkatkan penjualan di 2022. Andrew menilai saat ini banyak mainan-mainan yang dibuat dari baterai yang mulai banyak berkembang. Inilah yang membuatnya memberanikan diri masuk ke pasar mainan.

"Saat ini, kami juga mendistribusikan electric bike, dan toys. Kami juga akan membuka distribution center di beberapa kota di Indonesia untuk mempercepat dan memperluas distribusi," ucapnya.

Rencana lainnya yang akan dilakukan SBI adalah salah satunya dengan memberikan sepeda secara cuma-cuma bagi siswa yang berprestasi. Mekanisme program CSR tersebut akan dijalankan secara langsung maupun tak langsung, dengan sekolah atau para siswa bisa mengajukan permohonan langsung melalui website resmi Sepeda Bersama Indonesia.

Sebagai informasi, PT Sepeda Bersama Indonesia merupakan bagian dari United Bike Group yang didirikan tahun 2017 dan bergerak dalam bisnis perdagangan besar sepeda. SBI adalah pemegang merek dan distributor terbesar sepeda Genio Bike, United Bike dan Avand.

SBI mendistribusikan lebih dari 100 tipe sepeda atau lebih 300 varian setiap tahun melalui jaringan 319 toko tersebar di Jawa, Bali, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

(ncm/hns)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT