G20 2022

Jokowi Pamer ke Peserta B20: RI Punya 1 Decacorn dan 8 Unicorn

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Kamis, 27 Jan 2022 20:44 WIB
Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkap, ekonomi digital di Indonesia berkembang pesat. Hal itu ditandai dengan munculnya decacorn dan unicorn.

Decacorn sendiri merupakan startup yang memiliki valuasi US$ 10 miliar. Sementara, unicorn merupakan startup dengan valuasi US$ 1 miliar.

"Ekonomi digital di Indonesia berkembang pesat, saat ini Indonesia memiliki 1 decacorn dan 8 unicorn," katanya dalam acara B20 Indonesia Inception Meeting 2022, Kamis (27/1/2022).

Jokowi mengatakan, pemerintah mendorong UMKM untuk memanfaatkan platform digital untuk memasarkan produknya. Hal itu pun membuahkan hasil.

"Strategi ini telah berhasil menarik lebih dari 8,4 juta UMKM saat ini memiliki platform digital untuk menjual produknya," katanya.

Jokowi pun mengungkap, Indonesia dengan jumlah penduduk yang besar dan daya beli yang meningkat sangat menarik untuk investasi pada infrastruktur ekonomi digital.

"Kami ingin mengundang investasi yang memberikan kesempatan pada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi dan mendapatkan manfaat dari transformasi ekonomi digital ini," ujarnya.



Simak Video "Jokowi Apresiasi Gagasan Erick Thohir Buat Merah Putih Fund"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)