Ternyata Pendapatan Influencer Game Bisa Lebih Gede dari Pro Player

20detik - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 14:42 WIB
Jakarta -

Industri esports tidak bercokol pada pembuat game dan pemainnya saja. Dengan sedikit modifikasi dan kreatifitas, seseorang dapat memperoleh keuntungan di sektor ini. Ari Kriswanto Kulgar, streamer game ini misalnya. dengan mengawinkan proses bermain game serta interaksi bersama penontonnya, Kulgar berhasil meraup hasil yang cukup mencengangkan.

"Hasilnya bisa lebih gede daripada pro player," ungkap Kulgar. "Kalau kita gedenya di Youtube dan Youtube, ya kita gedenya di adsense. itu tergantung dari views kita. kalau views kita kecil, ya paling dapat 2 digit, kalau viewsnya lagi bagus banget, kita bisa sampai angka 3 digit," tandas Kulgar.

Salah satu faktor pendukung agar influencer berhasil adalah konten.Hans Saleh, Country Head Garena Indonesia menyebutkan faktor selain sosok influencer yang membuat kanal video lebih menarik.

"Esports memang dari player, tapi Konten harus fresh. Kadang-kadang ada Meta tertentu yang bakal berubah dengan berkembangnya game," jelas Hans.
Konten kreator yang inovatif, menurut Kulgar, pada akhirnya tidak hanya bergantung pada edsense semata. Ada banyak pundi-pundi rupiah yang bisa dirogoh bila si influencer sudah memiliki reputasi yang baik.

"kita juga bisa dapat endorse atau partnership. Jadi kita kerjasama sama sama brand gitu yang mau masuk ke Youtube kita. Ada juga kontrak live streaming, kayak di Booyah! Live sebulan 80 jam. Nah itu dapat gaji juga." Ungkap Kulgar.

Menekuni esport, kata Hans memungkinkan para pemain memenangi perlombaan bertaraf internasional. "kalau dulu sekitar berapa ratus ribu dollar gitu, kalau sekarang ini banyak turnamen yang kelasnya jutaan dollar. "

(vys/fuf)