Bos Pertamina-Telkom Punya Tugas Baru Pimpin Satgas B20

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 20:15 WIB
Direktur Utama PT Pertamina, Nicke Widyawati, berbincang dengan Ketua Komisi VII DPR Alex Noerdin dan Wakil Ketua Komisi VII DPR Sugeng Suparwoto sebelum mengikuti rapat dengar pendapat dengan Komisi VII DPR di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (05/04/2021).
Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Satuan tugas (satgas) atau task force dan action council dalam B20 Indonesia telah dibentuk. Satgas dan action council ini dipimpin oleh para pengusaha Indonesia yang bertugas memimpin diskusi para pemimpin bisnis, pejabat pemerintah maupun asosiasi bisnis yang tergabung dalam negara G20.

Adapun ketua satgas tersebut di antaranya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati, Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk Ririek Adriansyah, dan CEO Indonesia Investment Authority (INA) Ridha Wirakusumah.

Ketua Penyelenggara B20 Shinta Kamdani mengatakan, satgas ini akan berdiskusi untuk mencapai sebuah rekomendasi kebijakan bagi pemerintah.

"Dari mereka akan diskusi dan pertemuan-pertemuan untuk bisa mencapai policy rekomendasi atau kebijakan," katanya di Fairmont Hotel Jakarta, Jumat (28/1/2022).

Dia mengatakan, satgas ini memiliki peran penting. Sebab, memfasilitasi berbagai pandangan dari pelaku usaha.

"Dari berbagai task force, ini mereka berperan sangat penting, karena perannya mereka adalah mereka menjadi ujung tombak untuk B20 untuk bisa memimpin dan memfasiltasi, karena kalau kita lihat kan pasti banyak yang diinginkan banyak pihak, kalau negara maju, negara berkembang pelaku-pelaku usahanya belum tentu di bisnis yang sama," katanya.

Wakil Ketua Satgas Energy, Sustainability & Climate Agung Wicaksono mengatakan, kebijakan yang akan dibahas tidak hanya untuk Indonesia tapi untuk banyak negara.

"Tapi di dalam task force ini memang menjadi kesempatan kita untuk mengeksplor apa yang saat ini menjadi masalah di Indonesia tapi juga dialami negara lain," katanya.

Ia pun mencontohkan, dalam pertemuan sebelumnya ketika berbicara mengenai energi terbarukan. "Ada negara yang memberikan pesan jangan lupakan juga energi yang sifatnya adalah transisi, contohnya gas," ujarnya.

Berikut 6 ketua satgas dan action council tersebut:

1. Direktur Utama PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Chair of Digitalization Task Force)
2. Direktur Utama PT Pertamina (Persero) (Chair of Energy, Sustainability & Climate Task Force)
3. CEO INA Ridha Wirakusumah (Chair of Finance & Infrastructure Task Force)
4. Direktur Utama PT Astra Otoparts Tbk Hamdani Dzulkarnaen Salim (Chair of Future of Work & Education Task Force)
5. Executive Director Triputra Group Arif Rachmat (Chair of Trade & Investment Task Force)
6. Direktur PT Bank Central Asia Tbk Haryanto Tiara Budiman (Chair of Integrity and Compliance Task Force)
7. Direktur Utama PT Unilever Indonesia Tbk Ira Noviarti (Chair of Woman in Business Action Council)



Simak Video "Jokowi Tegaskan Ogah Ekspor Bahan Mentah: RI Kaya Mineral"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)