Potensi Cuan dari Esport Indonesia

Edward Febriyatri Kusuma - detikFinance
Jumat, 28 Jan 2022 21:19 WIB
game online
Foto: Ilustrasi: Edi Wahyono
Jakarta -

Esport atau olah raga game online masih dianggap sebelah mata oleh sebagian masyarakat Indonesia. Padahal, ada potensi cuan untuk kalian yang mau terjun ke dunia esport.

"Dengan aksesibilitas makin tinggi, ekosistemnya juga jadi bertambah pesat karena di sini ada industri game dan industri esport," ujar Hans Saleh Country Head Garena Indonesia dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (27/1/2022).

Hans memaparkan, industri game belakangan semakin berkembang pesat khususnya di Indonesia. Kemajuan ini diikuti dengan maraknya pemain esport dan profesi pemain game online.

"Talenta-talenta lain di industri esport itu memang berkembang sangat pesat 4 tahun kebelakang ini. Dan kita masih expect ini akan berkembang lagi," paparnya.

Sementara itu, influencer game online yang juga streamer Ari Kriswanto Kulgar membagikan pengalamannya sebagai pemain streamer game. Menurutnya, jika ditekuni, pemain pro player bisa merasakan gaji layaknya pegawai kantoran.

"Passion kita suka main game trus kita jadi pro player dan kita mendapat gaji, itu buat gue enak banget. Kita kerja sesuai passion kita trus selanjutnya kita bisa jadi influencer misalnya bisa jadi youtuber, streamer, selebgram atau tiktokers. Nah itu bisa banget kita tinggal pilih," imbuh Ari.

Ari mengatakan untuk pemain game online yang bertaraf pro player, pendapatan yang didapat bisa di atas UMR (Upah Minimum Regional). Apalagi jika mereka bisa memenangkan turnamen.

"Kalau prestasi gede sering juara bisa jauh lagi dari UMR," pungkasnya.

(ed/vys)