Ridwan Kamil Beberkan 3 Syarat RI Jadi Negara Maju, Apa Saja?

Iffa Naila Safira - detikFinance
Senin, 31 Jan 2022 16:02 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang juga seorang arsitek, menyebut Jakarta International Stadium (JIS) keren. Kang Emil pun memberi dua jempolnya untuk Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.
Foto: 20Detik/Aulia Risyda
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menilai syarat untuk menjadikan Indonesia sebagai negara maju ialah dengan mendongkrak ekonominya. Menurutnya, Indonesia harus memiliki pertumbuhan ekonomi yang minimal stabil di angka 5%.

Hal itu diungkapkan Ridwan Kamil saat memberikan arahan pada Rapat Kerja Komunitas Muslim Jalur Puncak beberapa waktu lalu. Di situ ia berbicara syarat agar Indonesia bisa menjadi negara maju.

"Kalau ekonominya seperti hari ini ekonomi digital dikuasai," kata Ridwan Kamil dalam keterangannya, Senin (31/1/2022).

Selain ekonomi yang positif, syarat lain agar Indonesia bisa maju adalah dengan meningkatkan sumber daya manusia (SDM). SDM harus produktif untuk mencapai itu.

"Kalau ekonominya seperti hari ini ekonomi digital dikuasai. Ketiga anak cucu kita harus produktif jangan sampai lebih bodoh dari orang tuanya," kata Emil.

Adaptasi selanjutnya yang perlu dilakukan adalah untuk menghadapi disrupsi pandemi COVID-19. Apalagi saat ini kasus COVID-19 kembali naik karena adanya varian omicron.

Lanjut halaman berikutnya.