Kapal Tol Laut Sandar Perdana di Timur RI, Harga Barang Makin Murah

ADVERTISEMENT

Kapal Tol Laut Sandar Perdana di Timur RI, Harga Barang Makin Murah

Ardan Adhi Chandra - detikFinance
Selasa, 01 Feb 2022 10:15 WIB
Tol Laut
Foto: Tol Laut (istimewa/pelni)
Jakarta -

Kapal Tol Laut Barang bermuatan Kontainer, KM. Kendhaga Nusantara 9 resmi beroperasi di Kabupaten Halmahera Selatan Provinsi Maluku Utara. Ditandai dengan sandar perdana di Pelabuhan Babang pada Jumat (28/1) pukul 20.32 WIT malam dan selanjutnya sandar perdana di Pelabuhan Saketa pada Senin (31/1) pagi.

Pelabuhan Babang dan Pelabuhan Saketa menjadi pelabuhan singgah dari trayek baru tol laut yang diusung Kementerian Perhubungan cq Direktorat Jenderal Perhubungan Laut di 2022, yakni rute T-29.

Sebagai informasi, Kapal Tol Laut KM. Kendhaga Nusantara 9 Trayek T-29 ini melayani rute Tanjung Perak--Piru--Wayaloar--Malbufa--Babang--Saketa--Gimea (Tapaleo)--Bula--Tanjung Perak.

Peresmian Tol Laut di Pelabuhan Babang ditandai dengan pengguntingan pita yang dilakukan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Halmahera Selatan Ir. Saiful Turuy mewakili Bupati.

Dalam sambutan Bupati Halmahera Selatan Usman Sidik yang dibacakan oleh Sekda mengatakan bahwa kehadiran Tol Laut ini selain memangkas disparitas harga barang karena biaya pengangkutan logistik lebih murah, juga mempermudah pelaku usaha untuk terhubung dalam bisnisnya. Dengan begitu, proses distribusi logistik bisa dijalankan dengan lebih mudah.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Halmahera Selatan, Amar Talib, selaku Koordinator Tol Laut di Halmahera Selatan menyampaikan bahwa Tol Laut ini beroperasi di Halmahera Selatan sejak tahun 2019 (T-16), yakni menyinggahi Pelabuhan Jikotamo, Kecamatan Obi.

"Pada tahun 2022 ini, Kabupaten Halmahera Selatan kembali mendapat tambahan layanan Tol Laut (T-29) yang menyinggahi Pelabuhan Babang, Saketa, dan Pelabuhan Wayaloar," ujarnya dalam keterangan tertulis Kemenhub, Selasa (1/2/2022).

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT