Ternyata Nggak Cuma RI! McD di Jepang Juga Krisis Kentang

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Selasa, 01 Feb 2022 13:00 WIB
‘Perang’ Kentang Goreng di Jepang, Gerai Ini Hadirkan Porsi Besar untuk Saingi McD
Foto: Sora News 24
Jakarta -

McDonald's Indonesia mengumumkan jika kentang goreng ukuran besar atau large french fries tak lagi tersedia untuk beberapa waktu.

Ternyata pembatasan ini tak cuma terjadi di Indonesia, di Jepang penjualan kentang goreng ukuran besar juga dibatasi. Dikutip dari japantimes.co.jp disebutkan jika hal ini terjadi karena adanya gangguan pengiriman kentang dari Kanada ke Jepang.

Penyebabnya adalah kondisi pandemi yang membuat pengiriman kentang mengalami keterlambatan. Selain itu juga cuaca buruk turut mempengaruhi pengiriman ke berbagai negara. Sebenarnya tak cuma ke Jepang, tapi juga ke wilayah lain seperti Amerika Serikat (AS).

Di Jepang, kentang goreng ukuran besar ini sudah tak tersedia sejak 9 Januari lalu. Dikutip dari laman resmi mcdonalds.com ada tiga ukuran untuk menu kentang goreng yaitu small, medium dan large.

Dari deskripsi juga disebutkan, kentang yang digunakan berasal dari pertanian di Kanada. Kemudian kentang digoreng menggunakan minyak sayur sehingga menciptakan rasa yang lezat.

Dilansir dari japantoday.com disebutkan McDonald's Jepang memang membutuhkan pasokan kentang yang sangat besar namun dengan harga yang rendah.

Hal ini membuat mereka memilih untuk mengimpor kentang dibanding menggunakan kentang domestik. Hal ini karena pertanian di Amerika Utara cenderung memiliki skala ekonomi yang lebih baik dibanding di Jepang.

(kil/fdl)