ADVERTISEMENT

Kartu Prakerja Gelombang 23 Mau Dibuka, Insentifnya Rp 3,5 Juta

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 02 Feb 2022 15:17 WIB
Prakerja Gelombang 19
Foto: Prakerja Gelombang 19 (M Fakhry Arrizal/detikcom)
Jakarta -

Program Kartu Prakerja gelombang 23 telah dipastikan akan mulai dibuka pada Februari 2022 ini. Bagi kamu yang berminat untuk mengikuti program ini, disarankan untuk segera mendaftarkan diri sekarang juga.

"Pendaftaran tetap melalui www.prakerja.go.id dan tentunya nanti di sekitar akhir atau awal Februari akan kita umumkan kapan gelombang 23 akan dimulai," kata Menteri Koordinator bidang Perekonomian Airlangga Hartanto dalam konferensi pers, Rabu (15/12/2021).

Adapun nantinya bila peserta Kartu Prakerja Gelombang 23 ini berhasil lolos, maka akan dapat menerima insentif sebesar Rp 3,5 juta.

Seperti diketahui, peserta Kartu Prakerja diberikan insentif senilai Rp 3,5 juta. Insentif itu berupa biaya pelatihan senilai Rp 1 juta yang diberikan 1 kali.

Dana insentif pascapelatihan sebesar Rp 600 ribu/bulan yang diberikan selama empat bulan. Atau bila ditotal Rp 2,4 juta seperti yang dikatakan Rudy.

Kemudian masih ada dana insentif survei kebekerjaan Rp 50.000/survei yang diberikan selama tiga kali atau totalnya Rp 150.000.

Nah bagi kamu yang ingin segera mengikuti program ini, jangan lupa untuk segera daftar Kartu Prakerja gelombang 23 ya! Lagi pula kini pembuatan akun di situs Kartu Prakerja pun sudah kembali dibuka.

"Sobat Prakerja, pembuatan akun di situs Kartu Prakerja sudah dibuka kembali. Sobat yang belum punya akun, segera daftarkan diri, yuk!," tulis pengumuman di akun Instagram resmi @prakerja.go.id, Rabu (5/1/2022).

Berikut syarat daftar Kartu Prakerja Gelombang 23
1. Warga negara Indonesia (WNI)
2. Berusia paling rendah 18 (delapan belas) tahun dan tidak sedang mengikuti pendidikan formal
3. Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha
4. Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD.
5. Selain itu, dalam 1 Kartu Keluarga hanya diperbolehkan maksimal 2 NIK yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Berikut cara daftar Kartu Prakerja Gelombang 23
1. Login www.prakerja.go.id
2. Siapkan Kartu Keluarga (KK), Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data diri lengkap.
3. Ikuti petunjuk untuk menyelesaikan proses verifikasi akun.
4. Siapkan alat tulis untuk mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar.
5. Setelah mengikuti tes secara online, klik 'Gabung' pada gelombang Kartu Prakerja yang dibuka.
6. Tunggu pengumuman lolos program Kartu Prakerja.

Sebagai informasi, pembuatan akun di situs Kartu Prakerja yang sudah dibuka ini untuk masyarakat yang belum pernah mendaftar sama sekali. Sedangkan bagi yang sudah memiliki akun, tinggal klik gabung dan mengikuti seleksi saat pendaftaran Kartu Prakerja gelombang 23 sudah dibuka nanti.

Karenanya bagi kamu yang ingin mengikuti program ini, buruan daftar Kartu Prakerja gelombang 23 atau update data diri sekarang. Sebelum pembukaan gelombang dilaksanakan bulan depan.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT