Seragam Satpam Baru Diresmikan, Berikut 4 Faktanya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Kamis, 03 Feb 2022 11:57 WIB
Warna seragam baru satpam 2022 ditampilkan saat HUT ke-41 Satpam. Kini, warna seragam baru satpam 2022 adalah krem dengan celana cokelat.
Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Seragam baru satpam diubah warnanya dari cokelat muda menjadi warna krem. Seragam satpam baru itu diperkenalkan Polri kepada publik bersamaan dengan HUT satpam ke-41 yang jatuh pada 31 Januari 2022 kemarin.

Polri menggelar upacara HUT satpam ke-41 pada hari ini di lapangan Bhayangkara Mabes Polri. Sejumlah petugas satpam nampak mengikuti upacara tersebut dengan seragam baru berwarna krem dan celana berwarna cokelat tua.

Berikut ini daftar fakta seragam satpam baru yang bisa diketahui:

1. Tidak Lagi Mirip Seragam Polri

Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB Rano Alfath mengapresiasi langkah Polri mengubah warna seragam satpam saat ini.

Rano mengatakan pemilihan warna seragam itu sudah melalui proses pertimbangan yang terukur dari pihak Polri. Dengan tampilan warna baru, Rano menilai masyarakat tak lagi bingung.

"Sudah melalui proses pertimbangan dan ini juga diberikan sebagai hadiah pada HUT satpam kemarin, untuk memberikan 'identitas' tersendiri bagi para jajaran satpam. Karena kemarin masyarakat banyak yang bingung karena warna seragam satpam sama dengan Polri," kata Rano kepada wartawan, Rabu (2/2/2022).

Menurutnya, kini baik satpam dan Polri sudah memiliki identitas masing-masing. "Sekarang baik satpam dan Polri sekarang sudah punya identitas masing-masing. Tentunya kita apresiasi atas pemberian Polri ini," jelasnya lagi.

2. Dituding Mirip Polisi India

Seragam baru satpam berwarna krem itu bukannya bebas dari pro kontra. Sejumlah warga di media sosial menuding seragam satpam yang baru itu justru mirip dengan polisi India. Namun tudingan itu dibantah Anggota Komisi III DPR Fraksi PKB Rano Alfath yang menyebut seragam satpam yang baru itu tidak mirip dengan polisi India.

"Menurut saya bedalah (dengan polisi India), warnanya bagus dan gagah untuk dipakai para satuan pengamanan kita," kata Rano.

Hal senada disampaikan oleh Anggota Komisi III DPR dari Fraksi Golkar Supriansa. Dia menyebut warna seragam baru satpam yang dituding mirip dengan polisi India tidak perlu dipersoalkan. Warna apa pun, baginya, tidak menjadi masalah asalkan tidak mirip dengan warna partai politik di Indonesia. Hal itu justru akan memunculkan kepentingan.

"Jadi menurut saya, tidak mempermasalahkan warnanya yang mirip baju polisi India. Apalagi kalau warnanya hanya mirip, bukan sama. Nanti kalau memilih warna yang ada samanya dengan warna baju partai politik di Indonesia tertentu lebih ramai lagi tanggapan orang. Jadi mending mirip dengan baju polisi India saja, lebih netral," ujarnya.

3. Disambut Baik Asosiasi

Perubahan warna seragam baru satpam yang menjadi krem rupanya disambut terbuka oleh asosiasi pengguna jasa sekuriti di Indonesia. Ketua Umum Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (Apjasi) Leonard Abdul Aziz mendukung seragam baru petugas satpam. Leonard Abdul Aziz berharap selain seragam baru juga disertai semangat baru dalam bertugas.

"Apjasi mengajak para pemangku kepentingan industrial sekuriti untuk bersama-sama memastikan perubahan seragam satpam kali ini turut diiringi dengan peningkatan kompetensi dan tanggung jawab profesi penggunanya. Sehingga perubahan yang terjadi tidak saja pada 'bungkus', tapi menyentuh kepada kualitas pengguna seragam satpamnya," kata Leonard Abdul Aziz dalam keterangan tertulis, Rabu (2/2/2022).

"Bagi kami Asosiasi Pengguna Jasa Sekuriti Indonesia (Apjasi) yang mewakili perusahaan dan pribadi pengguna jasa sekuriti, fenomena rencana perubahan seragam satpam memiliki makna tersendiri," sambung Leonard Abdul Aziz.

4. Kapolri Puji Satpam, Sebut Profesi Mulia-Mitra Polri

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memimpin langsung upacra HUT ke-41 satpam di Lapangan Bhayangkara, Mabes Polri, Jakarta, hari ini. Upacara itu pun sekaligus memperkenalkan seragam baru satpam yang berwarna krem kepada publik.

Dalam arahannya, Sigit memuji profesi satpam. Dia menyebut satpam sebagai bentuk pekerjaan mulia. Selain itu dia pun menyebut satpam sebagai mitra Polri yang diatur dalam UU Nomor 2 Tahun 2002 tentang Kepolisian Negara Republik Indonesia.

"Bahwa satpam merupakan profesi yang mulia dan menjadi bagian dari mitra Polri yang memiliki kewenangan melaksanakan tugas-tugas kepolisian terbatas sebagai bagian dari kegiatan pam swakarsa yang telah dibina. Dan tentunya ini sangat penting dalam ikut membantu tugas-tugas kepolisian," kata Sigit setelah memimpin upacara HUT ke-41 Satpam.

Mantan Kapolda Banten tersebut menjelaskan kehadiran satpam diperlukan dalam menjaga stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas). Polri tidak bisa bekerja sendirian tanpa adanya dukungan dari masyarakat, khususnya pada satuan pengamanan yang diatur dalam undang-undang.

Sigit mengatakan satpam memiliki peran besar dalam rangka mencegah dan mengamankan keamanan di lingkungan masyarakat. Tentunya, hal itu semakin menciptakan rasa aman bagi para warga.

Demikian 4 fakta seragam satpam baru yang bisa diketahui.

(fdl/fdl)