Simak! Ini Tips Gaya Hidup Frugal Biar Bisa Pensiun Dini

ADVERTISEMENT

Simak! Ini Tips Gaya Hidup Frugal Biar Bisa Pensiun Dini

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 04 Feb 2022 08:30 WIB
Ilustrasi keuangan atau kaya
Foto: Getty Images/iStockphoto/howtogoto
Jakarta -

Pensiun dari dunia kerja memang tidak harus menunggu tua. Itu bisa diraih di usia muda. Tentunya dengan persiapan yang matang, bukan sembarang resign lalu hidup terlunta-lunta. Jadi bagaimana caranya?

Jawabannya adalah menjalani gaya hidup frugal alias frugal living. Praktisi frugal living, Samuel Ray pun membagikan sejumlah tips dalam menjalani gaya hidup tersebut.

Dia menjelaskan frugal living ini adalah tentang bagaimana cara kita memilih bagian-bagian mana dari hidup kita yang memiliki nilai tambah dan bagian mana yang tidak.

"Jadi langkah pertama tentunya yang harus teman-teman semua lakukan adalah budgeting (penganggaran) dulu," katanya dalam program d'Mentor dengan tema Financial Freedom di Usia Dini, ditulis Jumat (4/2/2022).

Bagaimana jika malas melakukan budgeting? menurutnya cara yang bisa dilakukan adalah melakukan semua pembayaran secara nontunai dari satu sumber, misalnya kartu kredit. Nanti di akhir bulan tinggal dilihat riwayat transaksinya.

"Dari situ teman-teman bisa lihat sebenarnya spending (pengeluaran) gua bulan ini gede di mana sih? terus gua udah cukup happy belum dengan kondisi spending yang sekarang? kalau ada yang perlu gua kurangi, gua bisa kurangi apa?" jelasnya.

Dia menjelaskan di antara pengeluaran itu ada kategorinya, misalkan kategori yang mandatory seperti makan, membayar tagihan listrik dan internet, membeli pulsa, transportasi. Itu merupakan pengeluaran yang tidak bisa dinegosiasikan.

Lanjut halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT