PPKM Level 3! Supermarket, Mal, Restoran, Kafe, Warteg Tutup Jam 9 Malam

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 08 Feb 2022 22:36 WIB
Pemerintah menaikkan level PPKM di Jabodetabek menjadi level 3. Akibatnya pembatasan di pusat perbelanjaan diberlakukan kembali.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Pemerintah menetapkan status PPKM Level 3 di Jabodetabek, Yogyakarta, Bali, dan Bandung Raya. Selain karena meningkatnya kasus COVID-19, khususnya varian Omicron, rendahnya tracing juga jadi pertimbangan dalam penerapan ini.

"Terkait kebijakan pengetatan PPKM, akan diambil langkah terarah ke kelompok rentan seperti lansia, komorbid dan belum divaksin, melihat perbedaan pola varian Omicron dengan varian sebelumnya," kata Luhut dalam keterangan tertulis dikutip Selasa (8/2/2022).

Dengan PPKM Level 3, Luhut mengatakan industri orientasi ekspor dan domestik dapat beroperasi 100% jika memiliki Izin Operasional dan Mobilitas Kegiatan Industri (IOMKI). Minimal 75% karyawan sudah harus memiliki dosis vaksin kedua dan menggunakan PeduliLindungi.

Untuk kegiatan supermarket, dapat beroperasi hingga pukul 21.00 WIB dengan maksimal pengunjung 60%. Sedangkan pasar rakyat hanya bisa beroperasi sampai pukul 20.00 WIB dan maksimal pengunjung 60%.

Mal akan buka sampai pukul 21.00 WIB maksimal kapasitas 60%, dengan memperbolehkan pengunjung anak kurang dari 12 tahun minimal vaksin dosis pertama. Tempat bermain anak-anak dan tempat hiburan dapat dibuka, maksimal 35% kapasitas dengan wajib bukti vaksinasi dosis lengkap untuk anak di bawah 12 tahun.

Warteg, lapak jajan, restoran dan kafe dapat buka hingga 21.00 dengan maksimal pengunjung 60%.

Bioskop akan tetap dibuka dengan anak di bawah usia 12 tahun diperbolehkan masuk dengan syarat telah menerima vaksin dosis pertama. Untuk tempat ibadah maksimal 50% kapasitas, fasilitas umum maksimal 25%, dan kegiatan seni budaya, olahraga dan sosial masyarakat maksimal 25%.

"Kami menyadari kepenatan, kejenuhan, dan kelelahan akibat pandemi yang melanda, namun sebagai warga negara yang baik kita tentunya harus menyadari bahwa keluar dari pandemi merupakan agenda kita bersama," pesan Luhut.

Luhut mengingatkan untuk mengambil vaksinasi lengkap dan tidak menyebarkan kabar buruk terkait pengambilan dosis ketiga (booster). Langkah ini sangat penting demi mencegah penularan dan penegakan protokol kesehatan juga tidak boleh diabaikan.

Tonton juga Video: Jasa WO Sudah Antisipasi Sejak Awal untuk Pernikahan di PPKM Level 3

[Gambas:Video 20detik]




(aid/hns)