ADVERTISEMENT

Harga Bahan Baku Naik, Menu di McDonald's cs Jadi Lebih Mahal!

Aulia Damayanti - detikFinance
Kamis, 10 Feb 2022 09:17 WIB
Puluhan gerai McD di Jakarta disanksi imbas kerumunan pesanan BTS Meal McD kemarin. Total ada 32 gerai McD di Ibu Kota yang kena sanksi.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga menu di sejumlah restoran siap saji mengalami kenaikan sejak tahun lalu. Hal ini disebabkan oleh harga bahan pokok makanan yang juga melonjak.

Mengutip dari CNN, Kamis (10/2/2022) misalnya saja McDonald's (MCD) telah menaikkan harga menunya sekitar 6% pada tahun lalu.

Kemudian, restoran siap saji asal Meksiko, Chipotle menaikkan harga makanannya sebesar 10% dari tahun lalu. Itu berarti harga steak burrito di Chipotle sekarang menjadi US$ 8,80 dari sebelumnya hanya US$ 8.

Starbucks (SBUX) juga telah menaikkan harga menunya pada Oktober 2021 dan naik lagi di bulan Januari kemarin.

Goldman Sachs memperkirakan faktor pendorong naiknya harga menu di restoran siap saji karena kenaikan harga komoditas pangan yang telah naik 6% sepanjang tahun 2021.

"Daging sapi dan kargo dan beberapa hal lain yang terus meningkat, jika kita tidak melihatnya mereda, kita harus mengambil beberapa harga tambahan di sana," kata pihak Chipotle.

Tidak hanya itu, restoran juga harus membayar gaji karyawan lebih karena staf yang dimiliki lebih sedikit. Kemudian, biaya transportasi atau pengiriman juga menjadi mahal.

Pemilik restoran siap saji juga telah memperingatkan Wall Street bahwa mereka diperkirakan akan terus menaikkan harga menunya jika sejumlah faktor di atas masih berlanjut.



Simak Video "McDonald's di Rusia Bakal Ganti Nama"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT