Komersial adalah...

ADVERTISEMENT

Komersial adalah...

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Senin, 14 Feb 2022 20:30 WIB
Poster iklan layanan Wisata Bali. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Istilah komersial pasti sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat. Secara umum biasanya kita memaknaik Komersial sebagai istilah yang seringkali mengarah pada perdagangan atau mencari keuntungan.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Komersial diartikan sebagai sesuatu yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan; dimaksudkan untuk diperdagangkan; bernilai niaga tinggi, kadang-kadang mengorbankan nilai-nilai lain (sosial, budaya, dan sebagainya)

Sementara itu, dilansir dari brainly, Komersial adalah suatu kegiatan yang dilakukan dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan, umumnya berupa kegiatan yang berhubungan dengan niaga atau perdagangan.

Kegiatan komersial dilakukan untuk mendapat keuntungan, melalui petukaran barang atau jasa, dengan uang. Kegiatan komersial dilakukan oleh penjual barang atau penyedia jasa yang menawarkan barang dan jasa ini kepada pembeli atau konsumen.

Contoh kegiatan komersial misalnya adalah pemilik warung yang menjual makanan kepada pembeli

Kegiatan komersial dapat dilakukan oleh perorangan atau perusahaan, seperti perseoran terbatas. Sifat komersial ini akan menyebabkan suatu usaha dikenai pajak oleh negara.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa komersial berarti suatu kegiatan yang dilakukan oleh seorang/perusahaan/organisasi dengan tujuan untuk mecari keuntungan.

Hal ini berbeda dengan non-komersial, yaitu tidak mengejar keuntungan. Kegiatan non-komersial biasanya tidak dipungut pajak. Sifat non-komersial biasanya dimiliki oleh yayasan kemanusiaan (seperti Palang Merah Indonesia), pelestarian lingkungan atau yayasan keagamaan.

Jadi sekarang sudah tahu kan pengertian dari istilah komersial dan apa bedanya dengan non-komersial.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT