Wuih! RI Bakal Punya Mobil Listrik Tanpa Sopir, Begini Wujudnya

Anisa Indraini - detikFinance
Selasa, 15 Feb 2022 14:34 WIB
Kendaraan Listrik Tanpa Awak RI
Foto: Dok. Situs BRIN
Jakarta -

Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) melalui Organisasi Riset Ilmu Pengetahuan Teknik (OR IPT) mengembangkan kendaraan listrik bersifat otonom atau tanpa pengemudi. Hal ini sesuai pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang mencanangkan semua moda transportasi Indonesia di masa depan harus ramah lingkungan.

"Prioritas Riset Nasional (PRN) Kendaraan Listrik 2020-2024 berfokus pada penguasaan teknologi kunci kendaraan otonom, seperti sistem deteksi objek/sensor, sistem telekomunikasi, human to vehicle interaction, computer vision dan sebagainya," kata Kepala Organisasi Riset IPT BRIN, Budi Prawara dalam keterangan resmi dikutip detikcom, Selasa (15/2/2022).

Micro Electric Vehicle-Teleoperated Driving System (MEVi-TDS) merupakan sebutan untuk kendaraan listrik yang dibuat dan dikemudikan dari jarak jauh. Secara desain, kendaraan ini terlihat simply futuristic.

Dilengkapi dengan 4 buah lampu LED di bagian depan, lampu rem berbentuk oval di bagian belakang, serta 6 lampu LED membentuk segitiga sebagai lampu sein. Di bagian kap atas, ditambahkan lampu rotator berwarna amber yang akan menyala sebagai alarm jika terjadi kegagalan fungsi dari teleoperation.

MEVi-TDS memiliki dimensi panjang 1.475 mm, lebar 990 mm, tinggi 1.470 mm dan berat sekitar 80 kg. Memakai velg 8 inc, jarak sumbu roda 1.150 mm dengan ground clearance 70 mm.

Kendaraan listrik ini akan dilengkapi baterai lithium ion 48 Volt 12 Ah dan maksimal pemakaiannya sekitar 46 menit untuk pemakaian dengan kecepatan maksimal 10,88 km/jam. Kapasitas baterai akan ditingkatkan, tetapi kecepatan maksimal MEVi-TDS untuk saat ini disebut tidak akan dinaikkan karena kendaraan ini tanpa pengemudi.

MeVi-TSD menggunakan motor BLDC (motor brushless dc) 750 Watt, tenaga 1 HP, torsi 2,36 Nm yang mampu mengangkat beban hingga 600 Kg. MEVi-TDS juga dilengkapi dengan 6 sensor ultrasonik sebagai sensor jarak, sensor IMU untuk mengetahui orientasi kendaraan, GPS untuk mengetahui posisi secara tepat dan 4 buah kamera yang berfungsi sebagai vision.

Lanjut di halaman berikutnya.



Simak Video "Bawa Mobil Mungil Ini Nggak Perlu SIM"
[Gambas:Video 20detik]