Gaji Pramugari 6 Maskapai di Indonesia, Banyak Bonusnya Lho

ADVERTISEMENT

Gaji Pramugari 6 Maskapai di Indonesia, Banyak Bonusnya Lho

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Kamis, 17 Feb 2022 14:32 WIB
Female flight attendant closing the overhead luggage compartment lid after all passengers are seated and prepare to take off
Ilustrasi Pramugari/Foto: Getty Images/iStockphoto/Akarawut Lohacharoenvanich
Jakarta -

Gaji pramugari pesawat sangatlah bervariasi. Pramugari adalah seorang karyawati di sebuah pengangkutan umum (udara, darat, dan laut) yang memiliki tugas untuk melayani penumpang. Ketika naik pesawat, kita akan melihat pramugari dengan pakaian rapi melayani penumpang sekaligus memastikan kenyamanannya.

Untuk menjadi pramugari, biasanya ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi. Berapa gaji pramugari per bulan? Gaji pramugari per bulan biasanya akan ditentukan berdasarkan status, jam terbang, dan maskapai penerbangannya.

Gaji Pramugari Pesawat di Indonesia

Dikutip dari buku berjudul 'Sukses Menjadi Pramugari' karya Pepen Pendi, berikut kisaran gaji pramugari pesawat di enam maskapai Indonesia:

1. Gaji Pramugari Garuda Indonesia

Gaji pramugari di maskapai BUMN ini terbilang cukup besar. Seperti yang kita tahu maskapai penerbangan Garuda adalah salah satu maskapai terbaik di Indonesia.

Untuk gaji pramugari pesawat yang masih berstatus junior atau dalam masa training sebesar Rp 15 juta per bulan. Sementara, gaji pramugari Garuda Indonesia dengan jam terbang tinggi berada dinilai Rp 30 juta per bulan.

Total gaji pramugari pesawat tersebut, belum termasuk fasilitas yang didapatkan seperti jatah tiket untuk keluarga inti, akomodasi selama perjalanan, dan fasilitas lainnya.

2. Gaji Pramugari Batik Air

Gaji pramugari pesawat di Batik Air ditentukan berdasarkan jam terbang. Rata-rata seorang pramugari akan mendapatkan gaji pokok sebesar Rp 2 juta hingga Rp 3 juta per bulan ditambah uang terbang. Setiap terbang, pramugari junior akan mendapat gaji lagi sebesar Rp 40 ribu per jam.

Pramugari rata-rata melakukan penerbangan dengan awak kabin lainnya sekitar 6 jam per harinya. Jika dihitung per jamnya nilainya sebesar Rp 40 ribu, sehingga dalam sehari pramugari bisa mendapatkan gaji terbang sebesar Rp 240 ribu. Umumnya seorang pramugari di maskapai ini dalam seminggu memiliki waktu 4 hari terbang.

Selain itu, pramugari memiliki tambahan uang makan sebesar Rp 15 ribu sampai Rp 45 ribu per hari. Jika dijumlahkan dengan gaji pokok, uang terbang, dan uang makan maka seorang pramugari Batik Air bisa mendapat gaji hingga sekitar Rp 7,5 juta per bulan.

3. Gaji Pramugari Lion Air

Gaji pramugari Lion Air adalah Rp 15-20 juta per bulan. Gaji itu sudah dijumlahkan dengan uang tambahan selama melakukan penerbangan.

Gaji pokok pramugari junior Lion Air sekitar Rp 2-3 juta, sedangkan pramugari senior Rp 5-6 juta.

Uang tambahan yang didapatkan pramugari itu bermacam-macam mulai dari asuransi, jaminan kesehatan, uang terbang, serta uang makan.

4. Gaji Pramugari AirAsia

Gaji pramugari AirAsia sebesar Rp 3 juta per bulan. Tidak hanya gaji pokok saja, maskapai dari Malaysia ini juga memberikan uang tambahan uang terbang sebesar Rp 50 ribu per jam.

Gaji itu bisa dijumlahkan secara keseluruhan dengan uang tambahan yang didapatkan.Untuk keseluruhan, gaji pramugari junior AirAsia sekitar Rp 8-15 juta per bulan. Dari situ kita bisa memperkirakan bahwa, gaji pramugari senior tentunya akan lebih besar lagi.

5. Gaji Pramugari Citilink

Gaji pramugari Citilink terdiri dari gaji pokok, uang terbang, uang makan, hingga fasilitas pendukung lainnya. Daftar tersebut tidaklah berbeda jauh dengan maskapai penerbangan lainnya.

Gaji pokok pramugari junior Citilink sendiri sebesar Rp 2-3 juta per bulan. Sedangkan gaji pramugari seniornya senilai Rp 5 juta per bulan.

Di luar gaji pokok, pramugari juga masih menerima berbagai uang tunjangan dan fasilitas pendukung lainnya. Jika ditotal secara keseluruhan, gaji pramugari pesawat senior bisa menembus angka Rp 20 juta per bulan.

6. Gaji Pramugari Sriwijaya Air

Gaji pramugari Sriwijaya Air dalam sebulan berkisar Rp 19,5 juta per bulan. Gaji tersebut merupakan hasil dari akumulasi beberapa bonus yang didapat.

Gaji pokok pramugari junior Sriwijaya Air berkisar Rp 6 juta per bulan, sedangkan gaji pokok untuk pramugari pesawat senior bisa mencapai Rp 12 juta per bulannya. Angka gaji itu belum termasuk bonus dan tunjangan, yang akan diberikan berdasarkan lama waktu bekerja dan jenis rute yang dilalui.

Pramugari Sriwijaya Air biasanya mendapatkan uang terbang sebesar Rp 500 ribu untuk sekali penerbangan. Uang terbang setiap maskapai tentunya berbeda, tergantung kebijakan masing-masing maskapai.

Itu tadi daftar gaji pramugari pesawat di beberapa maskapai penerbangan di Indonesia.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT