ADVERTISEMENT

Penimbunan 1 Juta Kg Minyak Goreng Terungkap, Pengusaha: Kita Senang!

Iffa Naila Safira Widyawati - detikFinance
Sabtu, 19 Feb 2022 14:00 WIB
Pedagang menjual minyak goreng dalam kemasan di salah satu kios di Pasar PSPT Tebet, Jakarta, Rabu (16/2/2022). Sejumlah pedagang di beberapa pasar maupun minimarket di Jakarta mengaku kewalahan memenuhi permintaan minyak goreng dari pelanggan karena mereka kesulitan dalam mendapatkan pasokan minyak goreng dari agen. ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/foc.
Foto: Penampakan tumpukan minyak goreng yang ditimbun di Sumatera Utara (Dok. Istimewa)
Jakarta -

Fakta mengejutkan datang dari gudang distributor daerah Deli Serdang, Sumatera Utara. Gudang distributor itu terungkap melakukan praktik penimbunan minyak goreng sebanyak 1,1 juta kilogram.

Menanggapi fakta tersebut, Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo) Roy Nicholas Mandey, mengatakan pihaknya mengapresiasi kinerja Tim Satgas Pangan Provinsi Sumut yang telah melakukan sidak sehingga terungkap fakta mengejutkan tersebut.

"Iya, itu distributor ya. Jadi tentunya kita mengapresiasi atas Satgas pangan yang telah mendapatkan temuan berdasarkan sidak bersama Pak Gubernur kemarin di Sumatera Utara. Kita apresiasi kinerja dari Satgas Pangan dan pemerintah daerah, hasil koordinasi bersama, untuk menemukan penimbunan yang 1.1 juta minyak goreng itu," kata Roy saat dihubungi detikcom, Sabtu (19/2/2022).

Roy juga menilai ini bisa terjadi karena oknum distributor atau oknum dibalik kejadian tersebut tidak komitmen terhadap program yang dijalankan pemerintah.

Ia juga sangat bersyukur bahwa kejadian ini bisa terungkap. Karena akhirnya para peritel bisa melayani masyarakat yang selama ini terganggu oleh penimbunan tersebut.

Selain itu, Roy juga berharap jika nantinya penyelidikan terkait penimbunan minyak goreng bisa terus dilakukan untuk menemukan penimbunan-penimbunan yang mungkin terjadi.

"Dan tentunya kami harapkan untuk dapat terus telusuri atas adanya kemungkinan-kemungkinan lainnya yang bisa saja terdapat di berbagai daerah tidak hanya di Sumatera Utara gitu kan," imbuhnya.

Senada dengan Roy, Sekretaris Jenderal Aprindo, H. Solihin mengatakan, bahwa Aprindo senang mendengar fakta tersebut dan menyambutnya dengan gembira.

Solihin juga berharap penyelidikan terus dilanjutkan, untuk menemukan sebab terjadinya penimbunan minyak goreng sebanyak itu.

"Penyebabnya apa sih, ya kita senang ada yang seperti itu ketahuan. Ya dilakukan tindakan kita menyambut gembira. Ya tolong dicari tahu tolong supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi, seperti itu," kata Solihin.

Ia juga menegaskan untuk dilakukan tindakan hukum sesuai aturan yang sudah ditetapkan kepada para oknum penimbunan minyak goreng itu.

"Tindak aja. Kan sudah ada aturannya. Itu yang gampangnya ya, langsung tindak gitu sesuai aturan yang berlaku. Karena orang lagi susah masa tega-tega nya sih nimbun barang," ungkap Solihin.

Simak Video 'Ironi Negeri Kaya Sawit, Cari Minyak Goreng Saja Sulit':

[Gambas:Video 20detik]



(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT