ADVERTISEMENT

Alibaba Batalkan Penggalangan Dana Jumbo Rp 14 T buat Lazada

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 23 Feb 2022 17:05 WIB
LAS VEGAS, NV - JANUARY 05:  An Alibaba Group sign is displayed at the its booth at CES 2017 at the Las Vegas Convention Center on January 5, 2017 in Las Vegas, Nevada. CES, the worlds largest annual consumer technology trade show, runs through January 8 and features 3,800 exhibitors showing off their latest products and services to more than 165,000 attendees.  (Photo by David Becker/Getty Images)
Foto: Getty Images
Jakarta -

Alibaba Group Holding Ltd membatalkan penggalangan dana untuk Lazada sebesar US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun (asumsi kurs Rp 14.300). Hal itu terjadi karena pembicaraan dengan calon investor macet terkait masalah valuasi marketplace Asia Tenggara tersebut.

Dikutip dari Bloomberg, Rabu (23/2/2022), orang-orang yang mengetahui masalah tersebut mengungkap, Alibaba mengamankan pembiayaan tersebut untuk spinoff dengan perusahaan berbasis Singapura itu dan penawaran umum perdana atau initial public offering (IPO). Alibaba mengharapkan setidaknya US$ 1 miliar namun mundur karena masalah valuasi.

Alibaba telah menghentikan penggalangan dana untuk saat ini karena tidak membutuhkan dana dan pasar masih bergejolak.

Investor kembali menghukum saham teknologi China minggu ini setelah spekulasi muncul bahwa regulator meningkatkan pengawasan terhadap industri.

Alibaba tetap berniat untuk memisahkan Lazada sebagai perusahaan terpisah di tengah persaingan yang semakin memanas. Dengan pesaing yang bergerak cepat seperti Shopee Sea Ltd dan GoTo Indonesia.

Sea mengumpulkan sekitar US$ 6 miliar dalam penjualan saham AS dan obligasi konversi tahun lalu. Sementara GoTo meningkatkan modal untuk mengambil bagian yang lebih besar dari ritel online di wilayah tersebut.

Upaya penggalangan dana dapat dilanjutkan jika kondisi berubah. Perwakilan Alibaba dan Lazada menolak berkomentar.



Simak Video "Aktivitas Jack Ma di Eropa Usai Lolos dari Pemerintah China"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT