Podcast: Menakar Dampak Panas Rusia-Ukraina ke RI

ADVERTISEMENT

Tolak Miskin

Podcast: Menakar Dampak Panas Rusia-Ukraina ke RI

Eduardo Simorangkir - detikFinance
Jumat, 25 Feb 2022 08:16 WIB
Podcast: Menakar Dampak Panas Rusia-Ukraina ke RI
Foto: Tim Infografis/Fauzan Kamil
Jakarta -

Ketegangan antara Rusia dan Ukraina akhirnya mencapai puncaknya setelah Presiden Rusia Vladimir Putin akhirnya meluncurkan operasi militer besar ke Ukraina. Ledakan sudah terdengar di beberapa wilayah, mulai dari pinggiran Ibu Kota Kiev, hingga wilayah Donbas di timur yang dimasuki Rusia.

Harga minyak, gas, hingga pangan diprediksi akan melonjak lebih tinggi karena meningkatnya krisis Rusia-Ukraina. Bahkan harga minyak dunia saat ini sudah tembus US$ 100 per barel.

Kenaikan harga minyak dunia akan memberikan efek domino terhadap banyak hal. Mulai dari harga BBM, biaya logistik, hingga harga pangan dunia. Belum lagi terganggunya stabilitas keuangan yang bisa menyeret tekanan ke rupiah.

Seperti apa sebenarnya dampak memanasnya Rusia dan Ukraina terhadap ekonomi Indonesia? Seberapa cepat dampak konflik ini bisa sampai ke Indonesia? Lalu apa saja yang kita harapkan bisa dilakukan pemerintah untuk menangkis segala risiko yang menunggu di depan mata?

Dengarkan jawabannya di episode terbaru Podcast Tolak Miskin: Menakar Dampak Panas Rusia-Ukraina ke RI, bersama Direktur Center of Economic and Law Studies Bhima Yudhistira dan Wakil Ketua Umum Kadin bidang Hubungan Internasional Shinta Kamdani.

Klik widget di bawah ini untuk mendengarkan atau temukan podcast Tolak Miskin di Spotify dan kanal siniar lainnya.

(eds/eds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT