Mau Usaha franchise? Kenali Dulu Jenis-Jenisnya!

Brillyan Vandy Yansa - detikFinance
Jumat, 25 Feb 2022 16:34 WIB
Jakarta -

Franchise atau waralaba merupakan bentuk usaha atau perjanjian jual beli hak atas produk atau jasa dari pemilik pertama.

Pemilik usaha pertama atau pewaralaba akan membagi kepemilikan nama produk, alat dan proses produksi, serta manajemen sumber daya manusia hingga sistem pengelolaan keuangan.

Hendy Setiono, pemilik Baba Rafi Enterprise menjelaskan ada dua jenis bisnis waralaba menurut tipe pengelolaannya. Sistem autopilot mengarah pada bisnis franchise yang usahanya dikelola langsung oleh pemilik brand, sementara franchisee-nya hanya sebagai investor yang menerima bagi hasil dari usaha yang diikutinya.

Tipe franchise kedua adalah sistem reguler. Dengan cara ini, investor hanya membeli bahan baku dari pemilik brand. Investor tidak lagi menerima uang bagi hasil melainkan menerima seluruh pendapatan dari usaha yang dibelinya.

" bagi kita yang sibuk, tidak bisa mengelola usaha secara langsung, kita lebih cocok untuk memilih sistem autopilot. Begitu pula sebaliknya, bagi kita yang bisa terjun langsung dalam usaha franchise yang kita beli, lebih baik memilih sistem regular," jelas Hendy dalam program d'Mentor kamis (24/02/2022).

Lebih lanjut, Hendy mengingatkan kepada para calon investor untuk memahami kekurangan dan kelebihan dari masing-masing system tersebut.

"Autopilot minusnya ada bagi hasil antara pemilik dengan investor. Sementara reguler, karena dikelola sendiri jadi tak ada lagi skema bagi hasil. Seluruh profit akan diterima oleh mitra yang menjalangkan langsung usaha tersebut," lanjut Hendy.

Dalam membuka usaha, investor tidak dianjurkan memilih usaha berdasarkan saldo yang dimilikinya. Dalam kesempatan yang sama, Perencana Keuangan Safir Senduk menjelaskan bahwa salah satu pertimbangan membuka usaha adalah minat terhadap usaha tersebut.

"Bukan lihat saldo baru pilih usaha, tapi kenali dulu usahanya, sesuai tidak sama minat kita. Kemudian apakah kita punya waktu untuk mengelolanya. Lalu, tentukan jenis usahanya karena tidak semua usaha itu menjanjikan," terang Safir.

Simak Video 'Pilih Franchise Autopilot atau Reguler?':

[Gambas:Video 20detik]



(vys/ids)