Beasiswa LPDP 2022 Sudah Dibuka, Minat? Begini Cara Daftarnya

ADVERTISEMENT

Beasiswa LPDP 2022 Sudah Dibuka, Minat? Begini Cara Daftarnya

Anisa Indraini - detikFinance
Jumat, 25 Feb 2022 20:45 WIB
Ilustrasi lulus kuliah wisuda pendidikan beasiswa
Foto: Getty Images/iStockphoto/Liliboas
Jakarta -

Pendaftaran beasiswa LPDP (Lembaga Pengelola Dana Pendidikan) 2022 sudah dibuka. Ini adalah kesempatan bagi masyarakat yang ingin melanjutkan pendidikan dengan dibiayai negara.

"Silakan Anda semua mendaftar, mari berkompetisi secara sehat, terbuka. Kalau belum bisa mendapatkan dan gagal dalam kompetisi, tidak mencegah Anda untuk mencoba kembali," kata Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam pembukaan beasiswa LPDP, Jumat (25/2/2022).

Ada tiga tahap seleksi beasiswa LPDP 2022 yakni seleksi administrasi, seleksi bakat skolastik, serta seleksi substansi. Program ini dilaksanakan secara gratis dan tidak dipungut biaya sepeser pun.

Seleksi beasiswa LPDP 2022 akan dibuka dua kali yaitu periode pendaftaran tahap pertama pada 25 Februari-27 Maret 2022 dan periode pendaftaran kedua pada 4 Juli-5 Agustus 2022.

Untuk tahap pertama, seleksi administrasi dimulai pada 28 Maret 2022. Hasil pengumuman akan disampaikan pada 12 April 2022 dan akan dilakukan seleksi bakat skolastik pada 18 April 2022. Berikutnya hasil seleksi bakat skolastik bakal diumumkan pada 27 April 2022.

Selanjutnya pada 16 Mei-25 Juni akan dilakukan seleksi substansi. Lalu, hasil akhir seleksi penerima beasiswa LPDP akan disampaikan pada 30 Juni 2022.

"Untuk ketentuan dan persyaratan akan disampaikan melalui laman resmi LPDP dan buku panduan saat pendaftaran dibuka yaitu tanggal 25 Februari 2022," jelas pengumuman @lpdp_ri.

Terdapat tiga kelompok beasiswa LPDP 2022. Pertama, beasiswa afirmasi merujuk pada peserta tertentu yang ditujukan untuk orang dengan kebutuhan khusus atau difabel, peserta di daerah afirmasi, serta peserta pemilik Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) atau peserta bidik misi saat menempuh program sarjana strata-1 (S1).

Daerah afirmasi adalah wilayah yang masuk dalam kategori daerah terdepan, terpencil, tertinggal (3T).

Kedua, beasiswa khusus (targeted) ditujukan khusus untuk PNS, TNI, dan Polri. Peserta LPDP dari instansi pemerintahan tersebut harus memiliki surat persetujuan dari pimpinan lembaganya untuk mengikuti pendidikan jika diterima kelak.

Program beasiswa targeted juga ditujukan kepada para pelaku usaha atau wirausahawan untuk meneruskan kuliah program magister ke luar negeri.

Ketiga, program beasiswa LPDP reguler yang ditujukan kepada siapa saja yang ingin meneruskan pendidikan sarjana, magister, atau doktoral.

Berikut cara daftar beasiswa LPDP 2022:

1. Mendaftar secara online pada situs Pendaftaran Beasiswa LPDP https://beasiswalpdp.kemenkeu.go.id/.

2. Melengkapi dan mengunggah semua dokumen yang dipersyaratkan pada aplikasi pendaftaran.

3. Pastikan melakukan submit aplikasi pendaftaran untuk mendapatkan kode registrasi/pendaftaran.

(zlf/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT