Membandingkan Harta Putin dan Zelensky di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina

ADVERTISEMENT

Membandingkan Harta Putin dan Zelensky di Tengah Invasi Rusia ke Ukraina

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 27 Feb 2022 09:25 WIB
Invasi Rusia ke Ukraina Sudah Dimulai, Jadi Sebenarnya Apa yang Diinginkan Putin?
Foto: ABC Australia
Jakarta -

Harta kekayaan Presiden Rusia Vladimir Putin dan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menjadi sorotan pasca Rusia melakukan invasi ke Ukraina.

Desas-desus mengenai nominal kekayaan Putin pun kembali menyeruak. Dia dilaporkan sebagai salah satu pemimpin terkaya di dunia, meskipun tidak ada bukti kuat mengenai jumlah kekayaannya yang sebenarnya.

Menyadur Fortune, ditulis Minggu (27/2/2022), menurut pengungkapan resmi dari Kremlin atau kantor kepresidenan Rusia, presiden Rusia memperoleh penghasilan US$ 140.000 atau setara Rp 2 miliar (kurs Rp 14.300). Presiden Rusia juga memiliki tiga mobil, sebuah trailer, dan sebuah apartemen seluas 800 kaki persegi. Dia juga menggunakan apartemen seluas 1.600 kaki persegi di Moskow.

Namun, lingkaran dalam Putin sangat kaya, menunjukkan bahwa presiden lebih kaya daripada yang diizinkan Kremlin. Kebocoran seperti Panama Papers dan Pandora Papers yang berisi informasi tentang mereka yang menyembunyikan uang di surga pajak luar negeri, mengungkapkan bahwa orang Rusia yang memiliki hubungan dekat dengan Putin telah mengumpulkan kekayaan hingga ratusan juta dolar.

Juru bicara Kremlin, Peskov mencatat bahwa pejabat negara di Rusia dilarang memiliki rekening bank asing. Ada beberapa perkiraan kekayaan aktual Putin, tetapi yang ada menempatkan presiden Rusia di antara orang-orang terkaya di dunia.

Stanislav Belkovsky, seorang analis politik Rusia dan kritikus Putin, memperkirakan Putin memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 70 miliar atau Rp 1.001 triliun pada 2012 kepada Biro Jurnalisme Investigasi. Itu berdasarkan klaim bahwa presiden Rusia memiliki saham di perusahaan minyak dan gas Rusia seperti Gazprom dan Surgutneftegas.

Anders Aslund, ekonom Swedia dan penulis Russia's Crony Capitalism: The Path from Market Economy to Kleptocracy, memberikan perkiraan yang lebih tinggi dengan alasan bahwa Putin memiliki aset antara US$ 100-150 miliar (Rp 1.430-2.145 triliun).

Aslund mendasarkan perhitungannya pada kekayaan orang kepercayaan Putin. Ekonom memperkirakan teman-teman Putin memegang antara US$ 500 juta dan US$ 2 miliar masing-masing atas nama presiden Rusia.



Simak Video "Pesan Tahun Baru Putin: Elite Barat Munafik Tentang Niat Damai"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT