ADVERTISEMENT

Warga Cilegon Bisa Naik Taksi Terbang ke Bandara Soetta, Tarifnya Rp 7 Juta

Danang Sugianto - detikFinance
Minggu, 27 Feb 2022 12:38 WIB
Bosan dengan rutinitas mudik yang selalu dibumbui dengan kemacetan? Mau coba mudik mewah pakai taksi udara? Yuk, kita intip dan rasakan seperti apa? Grandyos Zafna/detikcom
Foto: Grandyoz Zafna
Jakarta -

Di Cilegon bakan adalah layanan transportasi udara yang disebut helicity atau taksi udara dengan rute Cilegon-Cengkareng (Bandara Soekarno Hatta). Waktu yang ditempuh untuk rute tersebut hanya 25 menit.

Layanan helicity tersebut disediakan oleh PT Krakatau Sarana Properti (KSP) yang tengah menjajaki kerjasama dengan White Sky Aviation (WSA), sebuah perusahaan transportasi udara.

"KSP akan menyediakan heliport dan kami akan bekerja sama dengan White Sky Aviation (WSA) untuk penyediaan transportasi taxi udara helicity, khususnya dalam rangka memenuhi kebutuhan konsumen sesuai perkembangan industri di Kota Cilegon yang semakin pesat. Sebagai pengelola kawasan industri yang 50%-nya modal asing dan 50% lokal adalah sudah keharusan dan perlu adanya transportasi udara yang memadai dan taktis sebagai solusi mempermudahkan kegiatan para CEO dan juga petinggi perusahaan lainnya dengan jadwal mereka yang sangat padat di banyak tempat," kata Direktur Utama KSP, Ridi Djajakusuma dikutip Minggu (27/2/2022).

Taksi udara tersebut sudah dijajal kemarin dengan tipe yang digunakan Bell 429 buatan Amerika Serikat (AS). Taksi udara ini disediakan khususnua untuk para tenant KSP yang berasal dari Jepang dan Korea.

"Lokal juga memberikan masukan kepada kami agar tersedianya transportasi udara diarea Kawasan Industri Kota Cilegon untuk mempermudah mobilitas mereka menuju Jakarta khususnya untuk tujuan ke bandara Soekarno Hatta. Kami yakin dengan adanya fasilitas ini akan membuat Cilegon semakin dikenal sebagai kota industri dan bisnis serta tujuan investasi yang semakin maju dan berkembang, para investor akan semakin yakin lagi untuk berinvestasi disini," tambahnya.

Peluang kerja sama ini disambut baik oleh White Sky Aviation yang dikenal sebagai perusahaan penyedia trasportasi udara yang mengutamakan keselamatan dan profesional dalam memberikan pelayanan kepada para customernya. Rencananya WSA akan memberikan layanan taxi udara dengan dua jenis helicity bertipe Bell 505 single engine kapasitas tiga penumpang dan Bell 429 double engine berkapasitas enam penumpang. Untuk tarif taxi udara ini akan dikenakan biaya sebesar kurang lebih 6-7 juta rupiah untuk tiga orang penumpang.

"Kami akan memberikan pelayanan terbaik dengan crew pilot kami yang sudah berpengalaman dan memiliki jam terbang yang tinggi. Kawasan industri Cilegon merupakan market yang sangat mendukung untuk kebutuhan bisnis ataupun pribadi dengan mengedepankan transportasi udara yang cepat. Adanya helicity WSA di Kota Cilegon bisa memberi nilai lebih tidak hanya untuk kepentingan para tenant asing dan lokal kawasan industri Krakatau Steel Group semata, namun juga untuk kepentingan Kota Cilegon. Dalam pengembangannya kita juga akan memberikan layanan transportasi darurat HeliMedevac dan untuk membantu keadaan bencana," ujar Owner PT Whitesky Avation, Dennon Berri Klinsky Prawiraatmadja.

Nantinya KSP akan menyiapkan fasilitas heliport dengan menjaga tingkat keselamatan sesuai dengan standar yang sudah ditentukan. Area heliport untuk taxi udara disiapkan di area Hotel The Royale Krakatau yang sangat strategi dan juga dekat dengan area kawasan industri Krakatau Steel Group.



Simak Video "Taksi Terbang Cilegon-Soetta Resmi Beroperasi, Berapa Tarifnya?"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT