10 Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Perempuan

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Selasa, 01 Mar 2022 21:30 WIB
Seorang perempuan sedang asyik mendengarkan musik di meja kerjanya.
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Pada dasarnya perempuan dan laki-laki punya peran yang sama dalam dunia kerja. Namun, ternyata ada lho pekerjaan yang bisa memberikan gaji lebih tinggi untuk perempuan.

Pekerjaan bergaji tinggi untuk perempuan adalah pekerjaan yang secara historis didominasi oleh wanita. Pekerjaan dengan gaji tinggi untuk perempuan juga bisa ditentukan dari berbagai faktor, yakni salah satunya berkaitan dengan jurusan kuliah.

Dikutip dari laman College Consensus (1/3/2022), para perempuan yang ingin punya pekerjaan dengan gaji tinggi, kebanyakan dari mereka harus fokus pada beberapa pilihan jurusan seperti sains, teknologi, teknik, dan matematika.

Daftar Pekerjaan dengan Gaji Tinggi untuk Perempuan

Dikutip dari situs College Consensus(1/3/2022), berikut adalah daftar 10 pekerjaan bergaji tinggi untuk perempuan:

Dokter Hewan

Gaji rata-rata: US$ 103.220 atau setara Rp 1,4 miliar lebih per tahun di AS.

Persentase perempuan di lapangan: 76,39%

Pekerjaan dengan tertinggi untuk perempuan yang pertama adalah pada bidang ilmu kedokteran hewan. Dulunya, pekerjaan dokter hewan merupakan salah satu bidang yang didominasi oleh laki-laki.

Untuk menjadi dokter hewan, kita dituntut untuk sangat terampil. Mengenai gaji, dokter hewan bisa mendapatkan gaji yang lebih tinggi lagi, jika mereka memutuskan untuk menjadi spesialis di bidang kedokteran hewan tertentu.

Dokter dan Ahli Bedah

Gaji rata-rata: US$ 97.656 atau setara Rp 1,39 miliar per tahun

Persentase perempuan di lapangan: 40,72%

Bidang medis terus menarik banyak perempuan untuk bekerja ke profesi ini. Pada tahun 2019, untuk pertama kalinya di Amerika Serikat, jumlah mahasiswa kedokteran telah didominasi oleh perempuan dengan 50,5% dari populasi mahasiswa kedokteran.

Gaji rata-rata untuk seorang dokter wanita memang tergolong rendah, tetapi disisi lain banyak dari mereka yang terus mendapatkan gaji yang jauh lebih tinggi selama karir mereka.

Semakin banyak wanita memasuki bidang medis untuk bekerja sebagai dokter dan ahli bedah, maka semakin baik prospek kerja dalam hal potensi pendapatan, kepuasan kerja, dan pertumbuhan karir.

Asisten Dokter

Gaji rata-rata: US$ 91.676 atau Rp 1,3 miliar per tahun

Persentase perempuan di lapangan: 70,64%

Asisten dokter adalah orang bekerja di bawah pengawasan dokter untuk melakukan tugas yang sama seperti dokter atau ahli bedah. Seorang asisten dokter dapat bekerja di banyak bidang kedokteran yang sama dengan dokter yang mungkin berbeda. Faktor menarik lainnya adalah kenyataan bahwa beberapa negara bagian juga mengizinkan asisten dokter, untuk bekerja dengan otonomi yang lebih besar dalam bentuk praktik mandiri.

Praktisi Perawat

Gaji rata-rata: US$ 91.156 atau Rp 1,3 miliar

Persentase perempuan di lapangan: 87,17%

Dalam daftar ini pekerjaan perempuan didominasi dari sektor kesehatan. Praktisi perawat sendiri akan bekerja di bawah pengawasan dokter. Peran ini memang menarik bagi perempuan yang ingin mendapatkan gaji yang lebih tinggi, untuk membantu orang yang membutuhkan tindakan medis mereka, dengan memiliki waktu yang fleksibel.

Praktisi perawat memiliki potensi kenaikan gaji yang besar, seiring dengan meningkatnya permintaan akan profesional medis dan juga jejak pendidikanya.

Apoteker

Gaji rata-rata: US$ 97.604 atau setara lebih dari Rp 1,3 miliar per tahun

Persentase perempuan di lapangan: 60,78%

Apoteker juga merupakan bidang yang menyediakan salah satu pekerjaan bergaji tertinggi untuk perempuan. Jam kerja di sektor ritel cenderung mendukung keseimbangan kehidupan kerja, dan banyak apoteker perempuan dapat kembali bekerja paruh waktu.

Human Resources Managers

Gaji rata-rata: US$ 79.976 atau setara lebih dari Rp 1,1 miliar per tahun di AS.

Persentase perempuan di lapangan: 76,92%

Bidang Sumber daya manusia (SDM) telah lama menjadi bidang yang didominasi perempuan, karena dianggap lebih cocok untuk perempuan daripada laki-laki. Stereotipnya adalah bahwa perempuan akan lebih baik dalam membuat penilaian, berkaitan dengan ciri-ciri kepribadian untuk kecocokan dengan peran pekerjaan.

Stereotip itu telah menjadi keunggulan perempuan dibandingkan pria, dalam hal menjadi manajer sdm yang efektif. Sehingga, pada akhirnya pekerjaan ini adalah salah satu pekerjaan dengan gaji tertinggi untuk perempuan.

Psikologi

Gaji rata-rata: US$ 74.932 atau setara lebih dari Rp 1 miliar per tahun

Persentase perempuan di lapangan: 81,58%

Ada fakta yang membuktikan bahwa wanita secara fisik lebih bisa berempati daripada laki-laki. Alasan itu memiliki dasar faktual dan tidak didasarkan pada stereotip, karena otak wanita memiliki lebih banyak karakteristik fisik yang mendorong fungsi untuk melakukan pengamatan dan empati dari pikiran.

Pekerjaan dengan gaji tertinggi untuk perempuan yang satu ini, merupakan kesempatan bagi kamu yang berminat untuk bekerja sebagai penyembuh dan perawatan kesehatan mental/pikiran.

Management Analysts

Gaji rata-rata: US$ 78.884 atau setara Rp 1,1 miliar per tahun

Persentase perempuan di lapangan: 43,79%

Analis manajemen adalah pekerjaan jenis konsultan yang melakukan tugas untuk meninjau, menganalisis laporan, prosedur, manual, desain sistem, dan jenis beberapa materi lainnya untuk menginstruksikan karyawan bagaimana mereka melakukan tugasnya.

Kebanyakan perempuan yang pekerjaan di bidang ini adalah mereka yang punya gelar sarjana bisnis atau master administrasi bisnis. Peran pekerjaan satu ini, juga akan memanfaatkan kemampuan berpikir kritis serta menggabungkan pemikiran logis yang didukung dengan kecerdasan emosional untuk menemukan solusi dari masalah.

Terapis Okupasi

Gaji rata-rata: US$ 74.932 atau lebih dari Rp 1 miliar per tahun.

Persentase perempuan di lapangan: 85,87%

Terapis okupasi adalah jenis pekerjaan yang diciptakan setelah Perang Dunia I, untuk membantu tentara mendapatkan kembali fungsi anggota tubuh mereka.

Pekerjaan ini akan membantu orang menjadi bisa lebih mandiri dengan tugas dan fungsi tubuh sehari-hari mereka pada umumnya. Terapi okupasi lembut diperlukan bagi para praktisi dan pasien sebagai cara efektif melakukan pekerjaan tersebut, sehingga akan menciptakan kepuasan bagi para pekerja dan pasiennya.

Public Relations and Fundraising Managers

Gaji rata-rata: US$ 72.748 atau lebih dari Rp 1 miliar per tahun.

Persentase perempuan di lapangan: 69,44%

Perempuan saat ini mulai memasuki bidang hubungan masyarakat dan penggalangan dana, untuk mendorong jalan mereka mendapatkan akses ke jabatan eksekutif dengan gaji lebih tinggi.

Bidang humas dan penggalangan dana didominasi perempuan, karena persepsi ini membutuhkan perempuan yang pandai untuk menemukan solusi dari masalah yang kompleks. Selain itu, perempuan yang bekerja di bidang ini juga harus memiliki bakat untuk membangun reputasi yang baik dan kuat untuk klien.

Itu dia informasi daftar 10 pekerjaan bergaji besar untuk perempuan. Yang bisa jadi referensi bagi kamu yang ingin mendapat pekerjaan dengan gaji tinggi. Detikers, tertarik pilih yang mana nih?

(fdl/fdl)