ADVERTISEMENT

Luncurkan AlloFresh, CT Gandeng Bukalapak dan Growtheum Capital

Trio Hamdani - detikFinance
Rabu, 02 Mar 2022 06:00 WIB
Pemprov DKI Jakarta larang penggunaan kantong plastik sejak 1 Juli. Sebagai wujud dukungan, Transmart sediakan kantong ramah lingkungan untuk pelanggan.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Trans Retail Indonesia bakal meluncurkan AlloFresh, platform belanja online kebutuhan harian untuk seluruh masyarakat Indonesia dengan menggandeng Bukalapak dan Growtheum Capital Partners.

AlloFresh memulai bisnisnya dengan pendanaan awal mencapai Rp 1 triliun. Penawaran yang diberikan juga lebih dari 150.000 SKU, yang berasal dari sekitar 10.000 pemasok.

Dengan waktu pengiriman yang cepat yaitu dalam 3 jam saja, AlloFresh menyediakan layanan quick commerce yang tersedia dengan opsi pengiriman 30 menit di seluruh Indonesia.

Atas hubungan baik yang terjalin lebih dari 25 tahun antara Trans Retail Indonesia dengan pemasok, ditambah kecanggihan teknologi dari Bukalapak, pengguna AlloFresh bisa dengan mudah melakukan pemesanan.

Calon pengguna AlloFresh bisa berbelanja melalui aplikasi dan website online, ataupun melalui fitur "Click & Go" di toko-toko TRANSMart di seluruh Indonesia.

Chairman CT Corp, Chairul Tanjung mengatakan akan selalu memberikan harga serta pengalaman terbaik dan akan terus berinovasi untuk menjadi yang terdepan, dalam menyediakan pengalaman omnichannel baik itu offline atau online untuk para pelanggan.

"Hal ini dilandasi oleh perubahan pola konsumsi di masa mendatang. Kemitraan dengan pemain teknologi yang sudah memiliki pemahaman mendalam tentang perilaku pengguna daring, serta dengan investor keuangan yang mengenal pasar secara dekat membuat kami optimis tentang masa depan bersama, terutama karena sebagian besar pasar akan bergerak secara online selama beberapa dekade ke depan," kata pria yang akrab disapa CT dalam keterangan tertulis yang diterima detikcom, ditulis Rabu (2/3/2022).

Senada dengan CT, President Director & CEO PT Trans Retail Indonesia Bouzeneth Benaouda percaya bahwa sinergi operasional dan keuangan Trans Retail Indonesia, Bukalapak, dan Growtheum sangat menarik karena adanya kombinasi keahlian yang melekat pada masing-masing pihak.

"Kami optimistis bahwa hal ini akan meningkatkan pengalaman para pengguna kami dan membantu kami menghadirkan produk-produk berkualitas dengan nilai yang baik," jelas Benaouda.

Direktur Utama PT Bukalapak.com Tbk, Willix Halim juga menyambut baik kerja sama dengan peritel ternama di Indonesia, Trans Retail Indonesia yang telah memimpin transformasi pengalaman belanja modern bagi masyarakat Indonesia.

Transaction Advisory Member Growtheum Capital Partners, Olivier Legrand menilai, meski kenaikan aktivitas e-commerce di Indonesia sejak 2019 cukup signifikan, aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari secara daring masih kecil yaitu kurang dari 2% dari total pengeluaran ritel barang kebutuhan sehari-hari.

Angka ini tergolong rendah karena kebutuhan sehari-hari menyumbang 50% dari semua pengeluaran ritel di Asia Tenggara. Contohnya di Jepang yang mencapai 10%, di China 11%, dan Korea Selatan 14%.

"Saya antusias menjadi bagian dari perjalanan ini sebagai Independent Commissioner PT AlloFresh yang akan memberikan kenyamanan dalam belanja barang sehari-hari secara daring pada jutaan masyarakat Indonesia", ujar Olivier Legrand.

Managing Partner Growtheum Capital Partner, Amit Kunal juga menyetujui bentuk kemitraan ini karena bisa menyatukan peritel offline terbesar untuk bahan makanan dan barang kebutuhan sehari-hari di Indonesia.

"Bersama dengan pemimpin di sektor teknologi all-commerce untuk membangun platform online terbaik guna memenuhi kebutuhan yang akan sangat berkembang di segmen ini," imbuh Amit.



Simak Video "Apresiasi Khofifah Atas Pembukaan Trans Icon Mall Surabaya"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/das)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT