Bos Game Asal Korsel Jung-ju Jay Kim Meninggal Dunia

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Rabu, 02 Mar 2022 13:24 WIB
Founder Nexon Jung-ju Kim
Foto: Dok. Nexon Co.
Jakarta -

Pendiri perusahaan game Nexon asal Korea Selatan Jung-ju Jay Kim meninggal dunia pada usia 54 tahun.

Dikutip dari TechCrunch Jungju Jay Kim meninggal pada 28 Februari. "Kami menyampaikan kabar duka atas berpulangnya pendiri Nexon," tulis pengumuman tersebut, dikutip Rabu (2/3/2022).

Kepergiannya merupakan kabar mengejutkan untuk industri game di Korsel. Pasalnya Kim merupakan salah satu ikon dan pelopor di sektor tersebut.

Tidak diinformasikan penyebab kematian Kim. Namun dari pemberitaan yang beredar, Kim sebelumnya sempat menjalani perawatan kejiwaan karena depresi. Kondisi Kim saat itu disebut semakin buruk. Kim meninggalkan satu orang istri dan satu orang anak.

Kim mendirikan Nexon pada 1994. Untuk pertama dia membuat permainan untuk PC dam video Massively Multiplayer Online Role-Playing Game (MMORPG) pada tahun 1996.

Daftar game yang paling tenar adalah The Kingdom of the Winds, MapleStory, KartRider, Mabinogi dan Penjara Bawah Tanah.

Sebelumnya Kim juga mengundurkan diri dari posisi CEO di NXC setelah menjabat selama 16 tahun dan mengalihkan kepepimpinannya ke JaeKyo Lee pada tahun lalu.

Kim juga sempat mempertimbangkan untuk menjual sahamnya di Nexon sekitar US$ 9 miliar pada 2019 lalu. Namun hal itu tak dilakukan karena menurut dia tak ada pembeli yang cocok dengan harga yang ditawarkan.

Saat ini Nexon merupakan perusahaan game terbesar di dunia. Dulunya perusahaan berkantor di Seoul dan pindab ke Tokyo karena melakukan Go Public di Tokyo Stock Exchange pada 2011 lalu. Dari aksi korporasi itu Nexon berhasil meraup dana hingga US$ 1 miliar.

Ini merupakan penawaran umum perdana terbesar di Jepang. CEO dan Nexon Owen Mahoney mengungkapkan rasa kehilangan akibat meninggalnya Kim.

"Sebagai seorang pendiri dan pimpinan dia memiliki visi yang sangat jelas. Kim mendorong orang orang di sekitarnya untuk percaya dengan jiwa kreatif yang dimiliki. Dia akan sangat dirindukan oleh Nexon," jelas dia.

Dikutip dari Forbes Kim merupakan orang terkaya nomor 3 di Korsel. Kim sempat menyampaikan akan menyumbangkan US$ 93 juta untuk startup dan rumah sakit anak-anak pada 2018 lalu.

Untuk mengikuti perkembangan zaman, Nexon saat ini juga melakukan diversifikasi ke bisnis kripto dan berinvestasi di Korbit.



Simak Video "Pengumuman! Squid Game Bakal Diadaptasi ke Reality Show"
[Gambas:Video 20detik]
(kil/das)