ADVERTISEMENT

Viral Guru Buka Amplop Gaji Pertama, Jumlahnya Bikin Miris

Kholida Qothrunnada - detikFinance
Rabu, 02 Mar 2022 13:31 WIB
Uang Gaji
Ilustrasi Gaji/Foto: iStock
Jakarta -

Video seorang guru menunjukkan jumlah gaji pertamanya jadi perhatian warganet di sosial media. Jumlah gaji yang ditunjukkan itu dinilai tidak layak. Jumlah gaji guru ini menjadi viral setelah videonya dibagikan oleh akun Instagram @faktaterupdate pada (1/3/2022).

Dalam video unggahan tersebut, diketahui sang guru tengah membuka sebuah amplop kecil putih. Amplop putih kecil merupakan gaji pertamanya sebagai seorang guru.

Namun, saat dibuka terlihat ada lembaran uang pecahan Rp 100 ribu yang dilipat, kemudian Ia lalu meluruskannya. Ada pecahan Rp 100 ribu sebanyak 2 lembar yang artinya ia mendapatkan gaji pertama sebagai seorang guru sebesar Rp 200 ribu.

Selain uang, amplop itu juga berisikan catatan kertas kecil yang isinya keterangan rincian gaji Rp 200 ribu tersebut di bulan Februari. Tulisan tersebut menjelaskan bahwa rupanya sang guru itu mendapatkan gaji pokok Rp 100 ribu per bulan.

"Mbak Lia bulan Februari. Gaji pokok Rp 100 ribu. Jumlah tatap muka 33 x Rp 3.000 = Rp 99.000. Total Rp 199.000," dalam tulisan amplop kecil itu.

Viral Gaji GuruViral Gaji Guru Foto: Dok. Tangkapan Layar

Gaji pokok itu ditambah dengan jumlah gajinya, saat melakukan pembelajaran tatap muka. Jadi, setiap sekali tatap muka ia dibayar dengan uang sebesar Rp 3.000 saja.

Sang guru telah melakukan pembelajaran tatap muka sebanyak 33 kali jumlah Rp 3.000 jika dikalikan maka jumlah gajinya hanyalah Rp 99 ribu. Jumlah gaji yang diterima total Rp 200 ribu sang guru itu pun tentunya berhasil mendapat banyak komentar warganet.

"Kaget bgt gaji guru perbulan nya segini. Jadi mikir tiap bulan bayar spp emangnya ga dikasihin ke gurunya ya...padahal sekolah negeri," tulis akun Instagram @mldiaa.fz dikutip detikcom (2/3/2022).

Viral Gaji GuruViral Gaji Guru Foto: Dok. Tangkapan Layar

Tak sedikit dari warganet yang juga turut merasakan kenyataan yang sama, dengan jumlah gaji dalam video gaji guru viral itu.

"Saya juga guru honorer SD sebulan 200rb dari 2016-2020 😂," tulis @ayank.sr.

"Kenapa harus heran dan kaget ??? Realitanya banyak guru honorer yg memang real faktanya mendapat gaji segitu kok , saya sendiri pun ngalami," tulis @nurlalily98.

(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT