BUMN Jasa Survei Genjot Sektor Pertambangan Hingga EBT, Begini Caranya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 02 Mar 2022 15:39 WIB
EBT
Foto: Dok. Istimewa
Jakarta -

PT Sucofindo memperkuat layanan Jasa Testing, Inspection dan Certification (TIC) untuk mendukung sektor Pertambangan, Energi, dan Energi Baru Terbarukan di Indonesia.

Direktur Utama PT Sucofindo, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi mengatakan pada sektor Pertambangan, layanan ini untuk mendukung penerapan Tata Kelola Pertambangan dan untuk sektor energi untuk mendorong penurunan emisi karbon dan optimalisasi penggunaan Energi Baru Terbarukan (EBT).

"Strategi inisiatif ini ditetapkan perseroan untuk mencapai kinerja tahun 2022," kata Mas Wigrantoro dalam keterangannya, Rabu (2/3/2022).

Mas Wigrantoro mengatakan, layanan Jasa SUCOFINDO pada sektor pertambangan dan energi adalah untuk mendukung sektor tersebut dalam menurunkan emisi karbon dan mendukung aksi mitigasi perubahan iklim.

"Hal ini termasuk layanan jasa TIC pada industri berbasis clean energy dan kawasan industri hijau," jelasnya.

Layanan Sucofindo terkait hal tersebut, di antaranya sertifikasi ISO 50001:2018 terkait Sistem Manajemen Energi, Pengelolaan Limbah Terpadu, Verifikasi dan Validasi Gas Rumah Kaca, Lembaga Sertifikasi Produk untuk Produk Hemat Energi (seperti Lampu, AC), dan Audit Energi. Termasuk pada industri pertambangan, Sucofindo memberikan layanan terkait Verifikasi Tata Kelola Pertambangan.