ADVERTISEMENT

Iwan Lukminto, Juragan Tekstil yang Punya Harta Rp 7,3 Triliun

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 11:17 WIB
Iwan Setiawan Lukminto
Foto: Trio Hamdani/detikFinance
Jakarta -

Iwan Lukminto merupakan putra sulung dari mendiang H.M. Lukminto, yang mendirikan grup Sri Rejeki Isman (Sritex) pada tahun 1966 dengan toko batik di Solo. Sedangkan Iwan baru mulai menjabat di perusahaan tersebut pada 1997 silam.

Berkat usahanya di bidang tekstil, bos kain asal solo itu sempat menjadi orang terkaya Indonesia versi Forbes tahun 2020. Kala itu dirinya menduduki peringkat ke-49 sebagai terkaya Indonesia versi Forbes.

Melansir dari Forbes, kala itu Iwan Lukminto ditaksir memiliki harta sebanyak US$ 515 juta atau setara dengan Rp 7,36 triliun (kurs Rp 14.300/dolar AS). Sayangnya pada 2021 hingga kini namanya harus lengser dari daftar 50 orang terkaya RI versi Forbes.

Sejak pertama kali didirikan, Grup Sritex terus mengalami perkembangan hingga menjadi perusahaan penyedia pakaian tekstil terintegrasi yang besar. Selama pandemi, perusahaan mulai membuat masker dan pakaian pelindung.

Seiring bertambahnya waktu, grup ini telah memiliki sekitar 10 hotel di Solo, Yogyakarta dan Bali, termasuk di dalamnya Holiday Inn Express di Bali.

Saksikan Juga d'Mentor: Tips & Insight Menjadi Influencer di Indonesia

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT