Otoritas Prancis Sita Pesiar Mewah Milik 'Orang Dekat' Putin

- detikFinance
Jumat, 04 Mar 2022 13:05 WIB
The Dilbar, a luxury yacht owned by Russian billionaire Alisher Usmanov, sails in the Bosphorus in Istanbul, Turkey May 29, 2019. Picture taken May 29, 2019. REUTERS/Yoruk Isik
Ilustrasi Kapal Pesiar (Foto: REUTERS/YORUK ISIK)
Jakarta -

Uni Eropa memberikan sanksi kepada Igor Sechin, salah satu kerabat dekat Putin dan mantan wakil perdana menteri Rusia yang menjabat di periode 2008-2012.

Dikutip dari CNN Jumat (4/3/2022), sanksi yang diberikan menurut keterangan dari Kementerian Keuangan Prancis adalah penyitaan terhadap kapal pesiar milik oligarki Sechin yang ada di Prancis.

Sechin sendiri adalah CEO Rosneft, perusahaan minyak raksasa di Rusia. Sanksi yang diberikan kepada Sechin merupakan gambaran sanksi yang diberikan kepada 'penasihat terpercaya dan terdekat Presiden Rusia Vladimir Putih, serta teman pribadinya'.

Kapal pesiar bernama "Amore Vero" atau jika diartikan dalam bahasa Italia "True Love" itu tiba di pelabuhan Mediterania Prancis La Ciotat pada bulan Januari.

Bila tak ada aral melintang, kapal itu sedianya dijadwalkan minggat dari pelabuhan di Prancis pada 1 April 2022.

"Terima kasih kepada petugas bea cukai Prancis yang memberlakukan sanksi Uni Eropa terhadap mereka yang dekat dengan pemerintah Rusia," kata Menteri Keuangan Prancis, Bruno Le Maire dalam sebuah tweet.

Uni Eropa menyebut, selain seorang CEO raksasa minyak, Sechin juga mempunyai hubungan yang 'panjang dan dalam' dengan Putin, karena kedua orang itu mempertahankan kontrak setiap harinya.

Le Maire juga mengumumkan bahwa Prancis telah membentuk satuan tugas untuk menyelesaikan urusan-urusan aset keuangan dan barang mewah yang dimiliki tokoh-tokoh Rusia di Uni Eropa.

Salah satunya adalah British Petroleum (BP), perusahaan migas terbesar Inggris yang mengatakan pada Minggu (6/3), mereka akan mencabut sahamnya sebanyak 19,75% dari Rosneft.

Simak juga video 'Legenda Catur Rusia Garry Kasparov Kecam Aksi Putin Serang Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(Iffa Naila Safira/dna)