Harga Lagi Naik, Investasi Emas Menjanjikan?

Aldiansyah Nurrahman - detikFinance
Minggu, 06 Mar 2022 18:02 WIB
Petugas Pegadaian Kebayoran Baru memperlihatkan emas, Jakarta, Senin (14/2/2022). Harga emas batangan Antam pecahan 1 gram di PT Pegadaian (Persero) pada hari ini, Senin (14/2/2022), dibanderol seharga Rp 991.000 atau tidak berubah dibandingkan sehari sebelumnya.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Harga emas terus menerus naik pada beberapa hari ini. Emas dianggap sebagai investasi paling aman di tengah kondisi geopolitik di dunia yang tengah memanas.

Pada perdagangan kemarin, Sabtu, harga emas di butik Antam kembali menyentuh Rp 1.005.000 per gram. Dengan kenaikan ini, emas dianggap menjadi investasi yang paling menjanjikan pada saat ini.

Pengamat Pasar Modal dari GK Invest, Lukman Hqeem mengatakan,vada dua faktor utama yang mendorong kenaikan harga emas saat ini. Pertama, terkait kenaikan inflasi di sejumlah negara besar dan ditingkat dunia. Sangat mengkhawatirkan. Kedua, situasi geopolitik yang membawa ketidakpastian dan gangguan pada proses pertumbuhan ekonomi usai dihantam pandemi Covid-19.

Lukman memaparkan, invasi Rusia ke Ukraina yang terjadi awal Maret 2022 ini semakin memperkeruh situasi dan membuat stabilitas politik di Eropa terganggu. Kondisi yang demikian ini membuat emas sebagai aset yang dikenal sebagai pengaman investasi - safe haven atas situasi yang tidak menentu dan menjadi pelindung saat inflasi tinggi - sebagai alat hedging, mendapatkan panggungnya untuk bersinar kembali.

"Dengan demikian, emas sebagai aset investasi sangat menjanjikan dewasa ini," kata Lukman, Minggu (6/3/2022).

Lukman menegaskan, dari tahun ke tahun, harga LM memiliki kecenderungan naik. Ada kalanya harga LM memang mengalami koreksi, namun penurunan harga ini lebih cenderung karena dorongan faktor teknis, biasanya investor ritel membukukan keuntungannya.

Sementara bagi investor besar, termasuk bank-bank central, harga emas tersebut justru menjadi peluang mereka mengakumulasi pembelian kembali.

Logam Mulia di pasar Indonesia, sambung Lukman, sempat menyentuh harga premium mendekati Rp 1,2 juta per gram dan kini diperdagangkan Rp 1 juta lebih per gram.

Melihat fundamental dan teknikal yang ada maka harga LM saat ini sangat menarik untuk melakukan pembelian dan investasi.

Lukman melanjutkan, emas dalam bentuk batangan logam mulia memiliki tingkat likuiditas yang baik.



Simak Video "Harga Emas Antam Hari Ini Stagnan Rp 913.000/Gram"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)