Karyawan 'Kutu Loncat' Didominasi Oleh Gen Z, Benarkah?

Nada Celesta - detikFinance
Selasa, 08 Mar 2022 09:04 WIB
Jakarta -

Karyawan 'kutu loncat' merujuk kepada mereka yang mudah melakukan resign dari perusahaan, hingga berganti profesi. Hal ini dilakukan biasanya karena ada beberapa hal di lingkungan pekerjannya.

Ini diiyakan oleh Education Content Creator, Yova Beltz. Terutama, jika karyawan resign karena mudah merasa tidak nyaman di perusahaan.

"Maksudku pasti kan yang namanya hidup yang namanya tempat kerja pasti ada dramanya masing-masing dan tidak ada tempat kerja yang tidak punya masalah," jelas Yova di acara e-Life detikcom.

Menurut Yova, fenomena 'kutu loncat' para karyawan ini lebih umum terjadi pada generasi muda, seperti milenial dan gen z. Karyawan cenderung mudah resign, bahkan dengan alasan yang sederhana seperti ketidak cocokan dengan rekan kerja.

"Walaupun memang kalau kita ngomongin kutu loncat ini mulai dari milenial, kemudian disempurnakan oleh Gen Z. Jadi ya, kalau ngomongin tipe-tipe pekerjaan juga Kalau menurut aku karena Gen Z ini lebih akrab dengan teknologi, perkembangan zaman, mereka lebih tech savvy." kenang wanita yang juga berprofesi sebagai HRD (Human Resources Development) di suatu perusahaan ini.

Meski demikian, Yova tetap menganjurkan para rekruter di perusahaan untuk tak cepat memberi cap buruk pada kandidat kerja yang 'kutu loncat'. Bagi Yova, baik tidaknya kandidat akan terlihat saat wawancara kerja.

"Banyak juga orang resign karena dipaksa situasi. Dari pengalaman aku juga, banyak kok orang yang resign karena bosnya nggak seneng aja sama dia ada di situ terus, mau gak mau dia harus resign, sementara dia nggak salah apa-apa. Gimana dong? Masa anaknya mau stay di situ?"

"Jadi, sebagai rekruter juga harus pintar-pintar memilah-milah si kutu loncat ini. Pada saat interview kan akhirnya semua akan ketahuan kutu loncat ini pindah karena memang dia ada masalah dikit pindah atau karena memang situasi tidak memungkinkan untuk dia stay di tempat kerja itu," jelas Yova.

(mjt/mjt)