Cara Perpanjang STNK 2022: Syarat, Alur, dan Biayanya

ADVERTISEMENT

Cara Perpanjang STNK 2022: Syarat, Alur, dan Biayanya

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Rabu, 09 Mar 2022 09:58 WIB
Perpanjang Pajak Kendaraan di mall samsat keliling. dikhy sasra/ilustrasi/detikfoto
Cara Perpanjang STNK/Foto: Dikhy Sasra
Jakarta -

Setiap tahunnya pemilik kendaraan bermotor perlu membayarkan pajak kendaraannya. Hal ini dilakukan dengan cara memperpanjang STNK (Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) ditandai dengan pembubuhan cap atau stiker pada kotak yang tersedia.

STNK sendiri merupakan salah satu dokumen resmi yang wajib dimiliki pengguna kendaraan bermotor. Sebab dokumen ini tidak hanya digunakan sebagai bukti pembayaran pajak kendaraan setiap tahunnya, namun juga sebagai bukti kepemilikan atas kendaraan bermotor yang bersangkutan.

Tentu di era yang sudah digital ini masyarakat sudah bisa melakukan perpanjang STNK secara online menggunakan aplikasi Signal (Samsat Digital Nasional). Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa mengurus perpanjang STNK tahunan tanpa keluar rumah.

Dengan menggunakan aplikasi Signal, perpanjang STNK tak perlu repot-repot datang dan antre ke Samsat. Bukti pengesahan STNK juga bisa dikirim ke rumah.

Selain itu pengguna kendaraan bermotor juga jadi nggak usah repot fotokopi dokumen-dokumen seperti STNK, KTP dan sebagainya. Cukup masukkan data-data ke aplikasi Signal, maka proses perpanjangan STNK tahunan bisa diurus secara online.

Akan ada biaya Rp 10.000 untuk perpanjang STNK menggunakan aplikasi Signal. Biaya sebesar Rp 10.000 itu dialokasikan untuk merawat aplikasi Signal yang menggandeng pihak swasta.

Aplikasi Signal ini adalah sebuah pilihan. Jika tidak ingin mengeluarkan biaya Rp 10.000 untuk penggunaan aplikasi, kamu masih bisa memperpanjang STNK langsung di Samsat.

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi SIGNAL ini, masyarakat tidak hanya perpanjangan STNK pribadi, namun juga bisa melakukan perpanjangan STNK milik orang lain. Dilansir dari unggahan Instagram resmi Samsat Digital, cara memperpanjang STNK milik orang lain asal masih dalam satu Kartu Keluarga dengan pemohon.

"Kalo kamu melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor menggunakan aplikasi SIGNAL, kamu bisa melakukan pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) milik anggota keluarga lain yang Nomor Induk Kependudukkannya (NIK) masih dalam satu Kartu Keluarga (KK)," tulis Samsat Digital di unggahan Instagram-nya.

"Hadirnya aplikasi SIGNAL, kita bisa melaksanakan kewajiban untuk melakukan Pengesahan STNK Tahunan, pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) dan Pembayaran Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) kendaraan milik pribadi ataupun kendaraan milik keluarga tetap bisa dilakukan dari rumah aja," lanjut Samsat Digital.

Berikut tahap-tahap yang dapat dilakukan untuk perpanjangan STNK milik orang lain yang masih dalam satu Kartu Keluarga (KK);

1. Registrasi Akun pada aplikasi SIGNAL pakai data-data kamu
2. Ikuti langkah-langkah registrasinya dengan benar
3. Setelah berhasil melakukan registrasi, pilih menu "Tambah Data Kendaraan Bermotor"
4. Pilih Pemilik Kendaraan Bermotor "Milik Keluarga Satu KK"
5. Masukkan NIK & Unggah Foto KTP Pemilik Kendaraan Bermotor
6. Masukkan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor)
7. Klik tombol "LANJUT"
8. Akan tampil notifikasi dokumen berhasil ditambahkan
9. Setelahnya kamu dapat membayarkan perpanjangan STNK milik orang lain yang masih dalam satu Kartu Keluarga (KK)

Demikian cara memperpanjang STNK secara online. Semoga bermanfaat.

Lihat juga video 'Jangan Salah! Ini Syarat dan Biaya Mengurus STNK Hilang':

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT