ADVERTISEMENT

Cara Investasi Aman: Mulai Kecil, Biar Enggak Boncos

Edward F. Kusuma - detikFinance
Jumat, 11 Mar 2022 17:46 WIB
Jakarta -

Trader Profesional Gema Goeyardi menyarankan untuk mulai investasi dimulai dari langkah kecil dari pasar modal Indonesia. Selain itu jangan berhenti belajar karena pergerakan pasar modal selalu berubah-ubah.

"Kita coba dulu belajar satu langkah demi langkah anak tangga kecil dulu dari pasar saham dulu kita beli big cap, karena good investment adalah investment yang membosankan kalau ada bisa bertahan dalam situasi membosankan dan anda bisa membeli barang barang atau aset investment yang layak di invest anda merasakan hasilnya," ujar Gema dalam acara dMentor detikcom, Kamis (10/3/2022).

Salah satu contohnya kata Gema ketika ketika investasi emas harganya bisa bertahun-tahun tidak naik, tetapi begitu ada konflik perang Rusia dan Ukraina harganya melonjak tinggi.

"Saya beli emas batangan dua tahun lalu nunggu enggak naik naik begitu Rusia sama Ukraina perang emas naik jadi 2070, berapa lama nunggu ? 1,5 tahun," ujarnya

Meski begitu Gema mengingatkan dalam pasar modal juga tidak terlepas dari oknum. Oleh karena itu dia mengingatkan juga untuk lebih hati-hati ketika investasi di pasar modal.

"Sebelum ada mengenal limitasi diri anda dan bisa memilih market mana yang cocok, jangan sampai kehabisan uang berinvestasi sekecil mungkin dan dengan jati diri anda dan menemukan market apa yang cocok kejar ilmu dulu baru ngejar namanya profit," pungkasnya.

(edo/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT