Orang Kaya Mulai Bangkit, Jet Pribadi Terbang 523 Kali dari Soetta

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Minggu, 13 Mar 2022 11:02 WIB
Salah Satu Jet Pribadi Yang Terparkir di Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali
Ilustrasi jet pribadi/Foto: (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Bandara Soekarno-Hatta melayani cukup banyak penerbangan jet pribadi. Sejak awal tahun Angkasa Pura II mencatatkan sudah ada 523 penerbangan jet pribadi dari Soekarno-Hatta. Layanan jet pribadi ini mulai dioperasikan sejak 24 Januari 2022.

Layanan pesawat jet pribadi yang identik dengan kendaraan orang kaya ini termasuk dalam kategori General Aviation. Sebelumnya layanan ini hanya dioperasikan Bandara Halim Perdanakusuma untuk wilayah Jakarta dan sekitarnya. Seiring dengan revitalisasi yang dilakukan di bandara itu, maka penerbangan pesawat jet pribadi saat ini dioperasikan di Bandara Soekarno-Hatta.

Pada periode 24 Januari 2022 hingga 10 Maret 2022 jumlah penerbangan pesawat pribadi yang dioperasikan 14 maskapai di Bandara Soekarno-Hatta secara kumulatif tembus 523 penerbangan, terdiri dari 353 penerbangan domestik dan 170 penerbangan internasional. Sementara itu, total jumlah penumpang tercatat sebanyak 2.584 orang penumpang.

President Director Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin mengatakan layanan dan operasional jet pribadi di Bandara Soekarno-Hatta berjalan lancar didukung lengkapnya berbagai fasilitas dan infrastruktur.

"Bandara Soekarno-Hatta memiliki fasilitas dan infrastruktur yang lengkap untuk mendukung penerbangan pesawat jet pribadi. Terkait fasilitas, keberangkatan dan kedatangan penumpang jet pribadi ini dilakukan di lokasi khusus yakni Saphire Precious Lounge yang terletak di kawasan Terminal 1, bukan di terminal penumpang maskapai berjadwal," jelas Awaluddin dalam keterangannya, Minggu (13/3/2022).

Setidaknya ada 3 fasilitas khusus yang paling dibutuhkan penumpang pesawat jet pribadi. Mulai dari ruangan atau lounge khusus, area parkir kendaraan khusus, dan layanan Bea Cukai, Karantina, dan Imigrasi eksklusif.

Di samping itu, Bandara Soekarno-Hatta juga sudah dilengkapi dengan berbagai penambahan infrastruktur sisi udara seperti east cross taxiway, high speed exit taxiway, hingga runway tambahan sehingga kapasitas bandara dalam melayani penerbangan meningkat dan dapat melayani penerbangan jet pribadi dengan lancar.

"Fasilitas khusus dan infrastruktur yang lengkap membuat operasional pesawat jet pribadi juga tidak mengganggu operasional penerbangan berjadwal," ungkap Awaluddin.

Adapun saat ini sudah terdapat penerbangan berjadwal di Bandara Soekarno-Hatta yang dilayani berbagai maskapai berjadwal domestik seperti Garuda Indonesia Group, Lion Air Group, Sriwijaya Air Group dan AirAsia Indonesia, lalu maskapai berjadwal internasional, kemudian layanan helikopter dan kini layanan pesawat jet pribadi.



Simak Video "Banyak Orang Tajir Jual Rumah di Pondok Indah-Menteng"
[Gambas:Video 20detik]
(hal/zlf)