Puluhan Orang Kepung Kantor Erick Thohir, Ada Apa?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 14 Mar 2022 16:11 WIB
Demo di Kementerian BUMN terkait Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel
Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
Jakarta -

Puluhan orang mengatasnamakan Merah Putih Bergerak menggelar aksi di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, siang tadi. Aksi digelar atas tindakan Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel karena menjadi saksi yang meringankan mantan Sekretaris Umum FPI Munarman.

Noel merupakan Komisaris Utama PT Mega Eltra (ME), anak usaha PT Pupuk Indonesia (Persero). Koordinator Lapangan Merah Putih Bergerak, Marlon Bato meminta agar Noel segera dipecat.

"Memang tuntutan kita ini berkaitan pembelaan beliau terhadap Munarman. Yang mana sudah didakwa, bukan tersangka tapi didakwa menjadi aktor intelektual teroris dan radikalisme Tanah Air," katanya di Kementerian BUMN, Jakarta Pusat, Senin (14/3/2022).

"Sehingga itulah yang mendorong kami datang ke tempat ini minta supaya beliau dipecat," tambahnya.

Apalagi, kata dia, dalam Surat Edaran Menteri BUMN Erick Thohir menyatakan pejabat negara dalam hal ini BUMN dilarang keras berhubungan baik langsung dan tidak langsung.

"Artinya kan sudah jelas konsekuensinya. Ketika beliau menyatakan kesaksian membela Munarman tapi jabatan yang melekat pada diri beliau sebagai seorang pejabat negara dan ini sangat melanggar aturan menurut analisa kami," terangnya.

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga menerima perwakilan massa dari aksi tersebut. Dia mengatakan, Mega Eltra bukan BUMN, tapi anak usaha BUMN.

Pengangkatan komisarisnya pun dilakukan oleh induk perusahaannya. Meski demikian, lanjutnya, masukan tersebut akan dievaluasi.

"Kami meminta secepatnya PT Pupuk mengevaluasi," ujarnya.

Demo di Kementerian BUMN terkait Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau NoelDemo di Kementerian BUMN terkait Ketua Umum Jokowi Mania (JoMan) Immanuel Ebenezer atau Noel Foto: Achmad Dwi Afriyadi/detikcom
(acd/ara)