Siap-siap Netflix cs Punya Saingan Baru, Amazon Mau Beli MGM Studio

Aulia Damayanti - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 08:25 WIB
Logo Amazon (AFP Photo)
Foto: Logo Amazon (AFP Photo)
Jakarta -

Amazon dikabarkan akan menyelesaikan kesepakatan untuk membeli perusahaan pembuat film ternama MGM Studios. Perusahaan film itu terkenal dengan berbagai film ternama, mulai dari Tom and Jerry, Rocky, hingga James Bond.

Jika hal ini disepakati, Amazon masuk ke persaingan streaming Netflix dan Disney+. Nilai kesepakatan akuisisi ini disebut sebesar US$ 8,5 miliar dikutip dari Reuters, Selasa (15/3/2022).

Amazon mengumumkan pada Mei 2021, pihaknya menawarkan banyak konten kepada MGM untuk dikembangkan dan menarik konsumen ke klub pengiriman cepat dan streaming Prime. Meski tenggat waktu kesepakatan sudah sebentar lagi, Amazon masih harus melalui berbagai rintangan.

Tantangan itu adalah harus dapat persetujuan dari badan-badan antimonopoli di AS dan Eropa. Badan antimonopoli di AS dan Eropa sama-sama harus memutuskan apakah kesepakatan Amazon untuk studio yang berusia hampir seabad itu melanggar undang-undang antimonopoli atau tidak.

Regulator antimonopoli UE memiliki batas waktu hingga 15 Maret untuk memutuskan apakah akuisisi Amazon terhadap MGM disetujui. Komisi Perdagangan Federal AS atau Federal Trade Commission (FTC) juga memiliki tenggat waktu membuat keputusan apakah kesepakatan itu melanggar undang-undang antimonopoli. Batas waktu FTC adalah pertengahan Maret.

Jadi, kapan tepatnya Amazon akan menutup kesepakatan atas MGM, tergantung pada apakah FTC mencoba menghentikan merger MGM atau tidak.

(ara/ara)