Silsilah Keluarga Konglomerat Mochtar Riady, Ternyata Kakeknya Grace Tahir

ig - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 15:11 WIB
Founder of Lippo Group DR. Mochtar Riady di peluncuran Cardiology Center Siloam Hospitals Group di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta, Rabu (26/02/2015).
Mochtar Riady/Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Mochtar Riady merupakan salah satu sosok orang paling kaya di Tanah Air. Bahkan nama Mochtar Riady sendiri masuk dalam daftar "Indonesia's 50 Richest" versi Forbes.

Berdasarkan laporan Forbes, dirinya ditaksir memiliki total kekayaan mencapai US$ 1,9 miliar atau setara dengan Rp 27,17 triliun (kurs Rp 14.400/US dolar).

Konglomerat keturunan Tionghoa-Indonesia lahir pada 9 Mei 1929 di Malang, Jawa Timur ini. Dirinya telah dikenal sebagai seorang pengusaha sekaligus praktisi perbankan dari Indonesia yang mampu mengembangkan grup bisnisnya hingga ke luar negeri.

Ia mulai memasuki dunia bisnis saat memutuskan untuk berangkat ke Jakarta pada usia 22 tahun, sebagai pemilik toko sepeda pada tahun 1954.

Dari situlah, kisah awal mula perjalanannya hingga berhasil membawa Lippo Grup menjadi salah satu perusahaan konglomerat terdiversifikasi terkemuka di Asia hingga saat ini, terutama untuk kawasan Asia Pasifik, seperti Hong Kong, Guang Zhou, Fujian, dan Shanghai.

Dengan posisinya yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia, rupanya ada sejumlah bisnis yang jadi sumber pundi-pundi Mochtar Riady. Sumber kekayaan Mochtar Riady tidak lain berasal dari beberapa bisnis yang dikelolanya diberbagai sektor usaha.

Sumber kekayaan terbesar Mochtar Riady berasal dari Lippo Group yang didirikanya. Dikutip dari situs resmi Lippo Group, perusahaan ini bergerak di beberapa bisnis dan sektor usaha seperti perumahan, retail, perhotelan, kesehatan, pendidikan, media dan berita, telekomunikasi dan multimedia, teknologi digital, layanan keuangan, hingga investasi global.

Di sisi lain, ternyata Mochtar Riady merupakan besan dari keluarga konglomerat Tahir dan kakek dari Grace Tahir. Nama Grace Tahir akhir-akhir ini banyak diperbincangkan lantaran dirinya yang kerap menyindir Indra Kenz karena sering pamer harta melalui video.

Adapun video parodi Grace Tahir ini viral dan banyak tersebar di media sosial. Dalam video tersebut Grace Tahir tampak memparodikan sosok Indra Kenz yang kini menjadi tersangka afiliator Binomo, kasus penipuan investasi bodong binary option.

Grace Tahir sendiri merupakan anak konglomerat di Indonesia berasal dari Keluarga Tahir, pendiri Mayapada Group. Mayapada Group didirikan lebih dari 25 tahun yang lalu oleh Dato' Sri Dr. Tahir.

Grace Tahir adalah anak kedua dari Dato Sri Tahir dan Rosy Riady. Ibu Grace Tahir yakni Rosy Riady juga merupakan putri dari salah satu keluarga konglomerat Indonesia Mochtar Riady, pendiri Lippo Group.

Mayapada Group memiliki sejumlah lini bisnis, mulai dari perbankan, perawatan kesehatan, real estate, ritel, hingga media. Keluarga Tahir memiliki saham di Bank Mayapada dan Maha Properti Indonesia, dan juga memiliki properti di Singapura. Tahir merupakan pemilik bersama pemegang lisensi yang menerbitkan Forbes Indonesia.

Keluarga Grace Tahir masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia versi Forbes, menempati urutan ke-16. Total kekayaan Keluarga Grace Tahir adalah US$ 2,6 miliar.

Demikian profil lengkap serta silsilah keluarga konglomerat Mochtar Riady, pengusaha sukses pendiri perusahaan Lippo Grup dan kakek dari Grace Tahir.

Simak juga Video: Kisah Nurida, Dulu Pemulung, Kini Bangun 'Sekolah Pemulung' di Pinggir Kuburan

[Gambas:Video 20detik]



(fdl/fdl)