ADVERTISEMENT

Pemerintah dan Swasta 'Keroyokan' Genjot Bisnis Pelaku UMKM

Ignacio Geordi Oswaldo - detikFinance
Selasa, 15 Mar 2022 17:52 WIB
Ilustrasi UMKM
Foto: dok. Tokopedia
Jakarta -

Pemerintah terus mendorong percepatan pemulihan ekonomi nasional. Berbagai upaya dilakukan untuk menstimulasi aktivitas usaha yang diharapkan bermuara pada pertumbuhan ekonomi.

Dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional ini, pemerintah juga ikut melibatkan pihak swasta. Salah satunya dalam mengembangkan bisnis para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengadakan dialog dengan pelaku UMKM untuk mendapatkan informasi terkini tentang kondisi para pelaku UMKM. Airlangga berdiskusi dengan para pelaku UMKM, termasuk yang tergabung dalam program Sampoerna Retail Community (SRC).

Dalam dialog tersebut, terungkap bahwa rata-rata omset bulanan pemilik toko kelontong meningkat tiga kali lipat setelah mendapatkan pembinaan. Para pemilik toko kelontong juga menyampaikan kendala yang dihadapi saat ini kepada Airlangga, diantaranya mengenai kondisi penjualan yang masih belum stabil selama masa pandemi ini.

Pada kesempatan itu,Airlangga juga mendorong agar para pemilik toko kelontong yang berniat untuk mengembangkan usahanya agar tidak segan untuk mengambil KUR karena adanya fasilitas subsidi bunga.

"Pemerintah hadir untuk mendukung UMKM melalui KUR dengan bunga hanya 3%, yang bisa dimanfaatkan UMKM untuk mengembangkan usaha," tutur Airlangga dalam keterangannya, Selasa (15/3/2022).

UMKMUMKM Foto: Dok. Kemenko Perekonomian

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT