Mau Sukses Jadi Agen Pulsa? Simak 6 Tips Ini

Sponsored - detikFinance
Rabu, 16 Mar 2022 17:00 WIB
Ilustrasi kartu perdana
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Pulsa seluler menjadi suatu kebutuhan bagi orang banyak untuk berkegiatan sehari-hari. Sebab, saat ini ponsel pintar tidak sangat diandalkan untuk kebutuhan internet atau berkomunikasi.

Melihat kebutuhan tersebut, banyak orang menjadikan agen pulsa sebagai peluang usaha di jaman sekarang ini. Menjadi agen pulsa adalah pilihan yang tepat untuk menambahkan penghasilan sehari-hari. Selain menguntungkan dan mudah, menjadi agen pulsa dianggap efektif dan efisien karena dapat dikerjakan di mana saja dan kapan saja.

Saat ini banyak aplikasi pendukung untuk mempermudah para agen pulsa dalam melakukan penjualannya, seperti Aplikasi Buku Warung. Berikut ini adalah tips menjadi agen pulsa agar kamu tahu gimana cara mulainya!

1. Pelajari Produk dan Keuntungan

Bagi para pemula alangkah baiknya memahami dan menguasai secara mendasar tentang produk yang akan dijual ketika ingin memulai bisnis agen pulsa. Kamu juga dapat mengetahui kelebihan serta kelemahan dari para kompetitor dan dari produk yang akan dijual.

Jika ingin menjadi agen pulsa, sebaiknya sediakan pilihan operator yang lengkap, mulai dari Telkomsel, Indosat, XL, Axis, 3, dan lainnya. Selain operator, sebaiknya kamu juga menyediakan rangkaian nominal pulsa yang lengkap, mulai dari yang kecil seperti Rp 10 ribu hingga yang besar seperti Rp100 ribu.

Ketika produk jualan sudah matang, kamu dapat menghitung mekanisme keuntungan dari penjualannya. Sebagai agen pulsa, kunci keuntungan terletak pada jumlah transaksi. Semakin banyak transaksi yang kamu layani, semakin besar keuntungan yang akan kamu dapatkan. Lihat ilustrasi berikut:

-Keuntungan rata-rata per transaksi: Rp 2.000

-Penjualan rata-rata per hari: 30 transaksi

-Total penghasilan rata-rata: Rp 60.000/hari

-Total penghasilan rata-rata per bulan: Rp 1.800.000

2. Memilih Media atau Platform yang Tepat

Setelah mempelajari produk jualan dan keuntungannya, langkah selanjutnya adalah memilih media atau platform yang tepat untuk berjualan pulsa. Sekarang sudah ada banyak aplikasi yang membantu kamu untuk jualan pulsa secara online, seperti BukuWarung.

Menjadi agen pulsa menggunakan aplikasi tidak perlu mengeluarkan modal besar untuk buka konter, dan lain sebagainya. Cukup modal smartphone dan internet, kamu sudah bisa menjalankan usahamu.

3. Kelola Keuangan dari Penjualan

Walaupun agen pulsa bukan termasuk usaha yang besar, kamu tetap harus mencatat, mengawasi, dan mengelola keuangannya. Setiap uang yang masuk dan keluar harus dibukukan dengan rapi. Dari pembukuan keuangan itu, kamu jadi bisa mengetahui penjualan mana yang baik, mana yang kurang, apa yang harus diperbaiki, apa yang harus dipertahankan, dan sebagainya.

4. Lakukan Promosi dan Pelayanan yang Baik

Sebagai langkah awal menjadi agen pulsa, kamu bisa memasarkannya ke lingkup terdekat terlebih dahulu, seperti keluarga dan teman. Tujuannya agar kamu dikenal bahwa kamu sekarang sudah jadi agen pulsa, dan kabar itu tersebar dari mulut ke mulut.

Sebaiknya kamu juga jangan mematok tarif atau keuntungan yang terlalu tinggi, karena pembeli bisa membanding-bandingkan harga antara agen dan konter sebelum memutuskan untuk membeli.

Pelayanan yang baik juga kunci menjadikan pelanggan setia dan menggaet pelanggan baru. Sebisa mungkin layani pembeli dengan cepat, ramah, dan murah senyum. Kamu juga bisa memberi promosi seperti lakukan 10 transaksi, maka gratis pulsa Rp 10 ribu.

5. Evaluasi

Catat dan evaluasi apa yang segala kekurangan yang terjadi selama menjadi agen pulsa, apa yang menyebabkan produk tidak sampai dengan baik ke target pasar, bagaimana menaikkan kinerja penjualan, dan lain sebagainya. Mengevaluasi bisnis yang dijalankan perlu dilakukan untuk terus meningkatkan kualitas produk yang kita jual.

6.Konsisten

Hal lain yang sangat krusial, adalah selalu konsisten dalam berbisnis. Semua bisnis mungkin awalnya memang tidak mudah, pasti semua bisnis mengalami pasang surut atau belum mendapatkan keuntungan sesuai yang diharapkan, namun jika kamu menjalani bisnis dengan menggunakan hati dan cara yang benar, maka perlahan bisnis yang berjalan pasti akan terus berkembang dan memiliki banyak pelanggan.



Simak Video "Pasang Iklan Murah dan Mudah? Adsmart by detiknetwork Aja!"
[Gambas:Video 20detik]
(Content Promotion/BukuWarung)