ADVERTISEMENT

Sandiaga Sebut 3 Hal Ini Batu Sandungan Pelaku Usaha Muda

Edward F. Kusuma - detikFinance
Jumat, 18 Mar 2022 12:43 WIB
Jakarta -

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno melihat di akhir masa pandemi ada banyak peluang usaha untuk pengusaha pemula. Namun kalian harus waspada dengan tiga hal ini yang selalu jadi batu sandungan.

"Jadi saya melihat bahwa pemula bisa ambil peluang itu di akhir pandemi yang diperlukan niat yang kuat di butuhkan inovasi dibutuhkan keberanian ambil resiko dan kemampuan terus bergerak, saya melihat peluangnya terbuka," ujar pria yang akrab disapa Sandi dalam acara d'Mentor detikcom, Kamis (17/3/2022).

Sandi mengingatkan buat mereka yang baru merintis usaha, jangan gampang pamer kekayaan sosial media. Mereka perlu fokus dalam usaha dan kerja membangun bisnis.

"Biasanya sultan-sultan itu malu-malu, dulu saya sebelum aktif di organisasi setiap hari kerja bangun bisnis. Kesuksesan tidak pernah instan perlu rekam jejak panjang, bisnis itu trust amanah sekali tercoreng itu susah sekali mengembalikan," paparnya.

Menurut Sandi, 3 hal yang kerap jadi batu sandungan untuk pengusaha muda yakni sumber daya manusia (SDM), pengetahuan, dan modal. Namun jaringan dan koneksi merupakan obat dari ketiga kendala tersebut.

"Saya melihat kendala bagi pengusaha pemula itu tiga, satu adalah SDM kapasitas pengetahuan mereka terhadap bisnis dan itu bisa dibantu melalui pelatihan asosiasi dan ikut pendampingan program lain. Kedua adalah pemasaran. Pasar sekarang yang suka ada di selebgram-selebgram ini punya kemampuan buat akses pasar karena ada sosial media tapi enggak bisa instan juga perlu waktu untuk bangun koneksi dan jejaring. Ketiga, permodalan. Hanya 30 persen dari pengusaha kita terutama di sektor UMKM yang bisa dapat akses modal usaha," pungkasnya.

Saksikan Juga d'Mentor sebelumnya: Jangan Kapok Investasi

[Gambas:Video 20detik]



(edo/vys)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT